Pedagang Bermobil Mulai Berjualan di Pasar Berizin

SEPANJANG jalan di Kota Gianyar sepi dari pedagang liar. Foto: adi
SEPANJANG jalan di Kota Gianyar sepi dari pedagang liar. Foto: adi

GIANYAR – Penertiban yang gencar dilancarkan Kasatpol PP dan jajaran terhadap pedagang yang berjualan di fasilitas umum, membuat pedagang liar mulai memilih berjualan ke pasar yang berizin atau legalitas jelas. Hal ini dikatakan Kasatpol PP Gianyar, Made Watha, Kamis (5/5/2022).

Menurut Watha, kendati libur Lebaran, personelnya tetap siaga untuk menjaga ketertiban umum. Terutama yang menjadi fokus adalah pedagang yang berjualan di fasilitas umum dari Jalan Raya Semebaung hingga Kota Gianyar. “Kami siagakan personel 1 x 24 jam, pedagang sudah banyak yang beralih ke tempat yang berizin,” sebutnya tanpa merinci lebih detail.

Bacaan Lainnya

Dia mengakui selama ini memang cukup susah memberi pengertian pada pedagang, karena mereka terbiasa berjualan di fasilitas umum. Termasuk jualan di pinggir jalan dengan menggunakan mobil bak terbuka. Menghadapi kengeyelan itu, dia tetap berupaya memberi pengertian dengan menyampaikan aturan-aturannya. Tak jarang dia dan tim menghadapi gesekan kecil dengan pedagang.

“Ketika personil kami tidak di tempat, mereka kembali berdagang. Tapi sekarang sudah mulai saling mengerti. Tak ada pedagang memanfaatkan fasilitas umum,” klaimnya. 

Satpol PP juga disebut menyiagakan sejumlah personel guna mengawasi sejumlah titik di daerah wisata Ubud. Seiring kunjungan wisatawan mulai meningkat, banyak juga gepeng berkeliaran hingga mengganggu kenyamanan wisatawan. “Sering kami tertibkan, tapi mereka belum kapok, ada saja yang masih berkeliaran. Tapi dengan adanya personel kami, mereka tidak akan berani menampakkan diri,” tegasnya. 

Baca juga :  Bea Cukai – Pemkab Lobar Gempur Rokok Ilegal

Tak luput juga, sepanjang liburan ini sejumlah armada damkar disiagakan. Sebab, kata dia, kebakaran tidak pandang tempat dan waktu, liburan atau tidak. “Setiap saat saya minta cek kesiapan armada, tidak hanya personel tetapi juga suku cadang mobil damkar,” tandasnya. adi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.