PKP Bangli Ribuan Benih Ikan Ditebar di Sungai Sangsang

DINAS Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (PKP) Kabupaten Bangli menebar benih ikan di Tukad (Sungai) Sangsang, Lingkungan Banjar Kawan, Kelurahan Kawan, Kecamatan Bangli, Kamis (5/5/2022). Foto: ist
DINAS Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (PKP) Kabupaten Bangli menebar benih ikan di Tukad (Sungai) Sangsang, Lingkungan Banjar Kawan, Kelurahan Kawan, Kecamatan Bangli, Kamis (5/5/2022). Foto: ist

BANGLI – Merayakan HUT ke-818 Kota Bangli, Pemkab Bangli melalui Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (PKP) Kabupaten Bangli menebar benih ikan di Tukad (Sungai) Sangsang, Lingkungan Banjar Kawan, Kelurahan Kawan, Kecamatan Bangli, Kamis (5/5/2022). Hadir Staf Ahli Bupati, Wayan Sarma mewakili Bupati Bangli, Kepala Dinas PKP Bangli, Made Alit Parwata; Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Putu Ganda Wijaya; para pimpinan OPD terkait di Pemkab, Camat Bangli, anggota DPRD Bangli, Wayan Wedana; Lurah Kawan, Kelian Adat Br. Kawan, serta undangan lainnya.

Made Alit Parwata mengatakan, penebaran benih ikan (restoking) dilaksanakan untuk pelestarian perikanan serta memulihkan populasi ikan di perairan Sungai Sangsang. Jumlah ikan yang ditebar kali ini sebanyak 50.000 ekor. “Benih ikan nila ini kita peroleh dari hasil produksi benih UPTD BBI Sidembunut,” jelasnya.

Bacaan Lainnya

Terkait pelestarian budidaya ikan, dia mendaku gencar sosialisasi budidaya ikan yang ramah lingkungan. Pula mengimbau penggunaan bahan/alat tangkap ikan yang ramah lingkungan, serta mengaktifkan kelompok pengawas masyarakat (pokmaswas) di masing-masing kecamatan. 

Wayan Sarma menambahkan, Pemkab Bangli memiliki perhatian sangat besar dalam rangka pelestarian lingkungan. Salah satu pelestarian lingkungan sumber daya genetik yang dilakukan adalah dengan restocking di perairan umum di seluruh wilayah Bangli, seperti danau, sungai dan di area perairan sawah.

Baca juga :  Perbekel Desa Dangin Puri Klod Bantu Sembako 9 KK yang Jalani Isolasi Mandiri

“Setiap tahun kita rutin menebar benih di perairan umum. Dengan dilaksanakan restocking ini, kami berharap ikan di perairan umum di Bangli dapat terjaga untuk pemenuhan kebutuhan konsumsi masyarakat,” terangnya.

Benih ikan yang ditebar, sambungnya, jika sudah besar maka siapa pun bisa menangkapnya karena berada di perairan umum. Pemkab Bangli tiap tahun melaksanakan penebaran benih ikan nila sebanyak 300 ribu ekor di setiap sungai umum, paling banyak di Danau Batur. Tak lupa dia mengajak seluruh masyarakat bersama-sama menjaga kelestarian lingkungan, khususnya kelestarian ikan di perairan umum. “Lakukan penangkapan ikan dengan bahan atau alat  yang ramah lingkungan, dan jangan menggunakan zat kimia seperti potas dan zat kimia lainnya,” pintanya. gia

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.