Nyalon Pilkada Bima, Legislator PAN NTB Belum Kena PAW

  • Whatsapp
Mahdi. Foto: fahrul
Mahdi. Foto: fahrul



MATARAM – DPRD NTB belum menerima surat pengusulan pengganti antarwaktu (PAW) anggota dari Partai Amanat Nasional (PAN), Ady Mahyudi. “Sampai hari ini belum ada surat resmi dari PAN kepada kami untuk mengusulkan PAW Ady Mahyudi, walaupun pemberhentian terhadap anggota dewan yang ikut Pilkada 2020 sudah dikeluarkan,” kata Sekretaris DPRD NTB, Mahdi, Selasa (3/11/2020).

Untuk diketahui, KPU Kabupaten Bima menetapkan Ady Mahyudi sebagai calon Wakil Bupati mendampingi Syafrudin H. M. Nur sebagai calon Bupati dalam Pilkada Bima. Menurut Mahdi, DPRD akan tetap bersifat menunggu diajukannya surat dari setiap parpol untuk mengajukan calon PAW, yang akan diproses sampai ke tingkat pusat. Meski Mahyudi belum diganti, terangnya, Sekretariat DPRD menyetop segala haknya sebagai anggota DPRD NTB ketika KPU menetapkan yang bersangkutan sebagai calon kepala daerah.

Bacaan Lainnya

“Kalau surat pemberhentian sudah diusulkan ke Mendagri melalui Gubernur. Bolanya ada di Mendagri, meski PAN belum mengajukan PAW yang bersangkutan hingga kini,” jelasnya.

Secara normatif, kata dia, secepatnya dilakukan pengusulan PAW setelah KPU menetapkan pasangan calon kepala daerah seperti tahun sebelumnya. Hanya butuh waktu tiga atau empat bulan sudah ada usulan PAW. Begitu ditetapkan KPU sebagai calon kepala daerah atau wakil kepala daerah, sejak itu pula surat pengusulan dari parpol berproses.

Baca juga :  Jagabaya Dulang Mangap Bersama Bank BRI Bagikan APD dan Sembako

“Namun, yang jelas itu bergantung kesadaran masing-masing parpol terkait masalah tanggung jawab kedewanan. Apakah suara masyarakat mau dibela atau tidak, tapi aturannya harus segera diajukan,” seru Mahdi. 031

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.