Made Budastra: Sangat Strategis Saat Pandemi

  • Whatsapp
ANGGOTA Komisi II DPRD Bali, I Made Budastra. Foto: ist
ANGGOTA Komisi II DPRD Bali, I Made Budastra. Foto: ist

BERSILANG pendapat dengan Sugawa terkait keberadaan Perda Desa Adat, anggota Komisi II DPRD Bali, I Made Budastra, justru menilai Perda itu sebagai benteng Bali untuk urusan internal dan eksternal. Selain itu, pada masa pandemi saat ini Perda Desa Adat berfungsi sangat strategis. “Perda 4/2019 itu secara filosofis justru dibuat untuk mewujudkan kehidupan krama Bali yang berdaulat secara politik, sebagaimana termaktub dalam konsideran “menimbang” poin B,” ujarnya, ditemui pada Selasa (5/1/2021).

Dia melanjutkan, jika melihat konsideran “menimbang” poin A juga jelas mengakomodir pasal 18B ayat 2 perubahan ke-2 UUD 1945. Dengan begitu, tentu tidak memerlukan pengejawantahan pada konsideran “mengingat” dan justru memasang pasal 18 ayat 6 UUD 1945 sebagai bagian penguat struktur perundangan yang disusun. Dengan demikian, ulasnya, pemerintah daerah dapat menyusun peraturan untuk melaksanakan otonomi dan tugas perbantuan.

Bacaan Lainnya

Mengenai aturan-aturan turunannya sebagai bagian implementasi, dia mengucap tentu memang diperlukan. Jadi, sekiranya dalam melaksanakan fungsi, desa adat tidak berjalan bertentangan dengan kesepakatan dalam Perda tersebut. “Dalam pelaksanaannya, saat pandemi seperti sekarang Perda ini justru sangat strategis. Bagaimana kesepakatan-kesepakatan menetapkan kebijakan dalam mengarahkan masyarakat, menjadi jauh lebih ringan. Intinya, semata-mata demi menyelamatkan masyarakat dari kondisi saat pandemi,” terang politisi PDIP asal Gianyar itu.

Baca juga :  Akhirnya, KPU Tunda Tahapan Pilkada Serentak

“Kalau soal politisasi, melihat produk legislasi ini, sepertinya terlalu jauh diinterpretasikan. Sebab, produk legislasi ini justru memperkuat kedaulatan politik kelompok masyarakat adat kita di Bali,” simpulnya. hen

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.