Lagi, Vulkanik Dalam Terekam di Gunung Agung

  • Whatsapp
ALAT seismik di Pos Pemantauan Gunung Agung, Kecamatan Rendang, Karangasem kembali merekam aktivitas vulkanik dalam tubuh Gunung Agung. foto: ist

KARANGASEM – Alat seismik di Pos Pemantauan Gunung Agung, Kecamatan Rendang, Karangasem kembali merekam aktivitas vulkanik dalam tubuh Gunung Agung. Hal itu terungkap dalam magma var laporan aktivitas Gunung Agung periode pengamatan Senin (28/12/2020) pukul 00.00 hingga pukul 24.00.

Dalam kurun waktu tersebut, terekam vulkanik dalam sebanyak 1 kali dengan amplitudo 9 mm, S-P 2.4 detik, durasi 22 detik. Selain itu juga terekam gempa tektonik lokal sebanyak 3 kali dengan amplitudo 17-30 mm, S-P : 4.1-4.5 detik, durasi 32-71 detik.

Bacaan Lainnya

Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Agung, Dewa Mertayasa, yang dimintai komentar mengatakan, munculnya gempa vulkanik dalam kondisi Gunung Api yang masih berstatus waspada merupakan hal yang wajar terjadi. “Itu hal biasa,” ujarnya saat dihubungi, Selasa (29/12/2020).

Mertayasa menambahkan, untuk sementara ini kemunculan gempa tektonik tidak berpengaruh terhadap aktivitas vulkanik di tubuh gunung tertinggi di Bali tersebut. Ia juga memberi penjelasan masih adanya orang mendaki Gunung Agung, padahal saat ini status Gunung Agung masih berada di level II waspada dengan radius perkiraan zona bahaya sejauh 2 kilometer dari puncak kawah.

Menurutnya, Pos Pengamatan ada rekomendasi resmi terkait pendakian gunung. Selain itu ada rambu larangan yang dipasang oleh BPBD Karangasem.

Baca juga :  Satu Pasien Isolasi RSU Negara Dinyatakan Sembuh

Kalaksa BPBD Karangasem, Ida Ketut Arimbawa, yang dimintai tanggapan beberapa waktu lalu, mendaku terus berkoordinasi dengan Pos Pemantau terkait masih adanya aktivitas pendakian.

Dia berupaya optimal dengan memberi imbauan serta memasang papan larangan mendaki di sejumlah titik. Namun, dia juga mengakui tidak bisa berbuat banyak, karena BPBD bersifat hanya meneruskan dan melakukan antisipasi. nad

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.