Lagi, Pelukatan Tirta Sudamala Disapu Banjir Bandang

  • Whatsapp
UNTUK kali kedua tempat Penglukatan Sudamala di areal Pura Tirta Sudamala di Banjar Sedit, Kelurahan Bebalang, Bangli tertimpa banjir bandang. Foto: ist

BANGLI – Untuk kali kedua tempat Penglukatan Sudamala di areal Pura Tirta Sudamala di Banjar Sedit, Kelurahan Bebalang, Bangli tertimpa banjir bandang. Kelian Adat Banjar Sedit, Nyoman Mawang, Senin (10/1/2022) berkata, hujan deras menyebabkan aliran sungai Sangsang meluap mencapai ketinggian sekitar tiga meter.

Dampaknya, sejumlah fasilitas seperti tempat beji, tempat bakti, dan tempat pemangku mengalami kerusakan tertimbun material lumpur campur sampah.

Bacaan Lainnya

Selain itu, sejumlah material untuk pembangunan bale pesandekan berupa pasir, batako, kayu sebagian hanyut terbawa arus aliran sungai. “Total kerugian mencapai 100 jutaan,” ucapnya dengan nada lesu.

Proses pembersihan, sebutnya, dilakukan secara gotong royong oleh krama pengarep, kemudian balu angkepdan pemuda secara bergantian. Diperkirakan, proses pembersihan memerlukan waktu lebih dari seminggu. Apalagi kondisi air Sungai Sangsang sampai saat ini masih cukup besar.

“Sementara untuk tempat melakukan pengelukatan masih bisa digunakan, beberapa pemedek (umat) juga yang melaksanakan ritual melukat (pembersihan diri secara rohani),” terangnya.

Bencana juga “menyapa” wilayah lain di Bangli. Pohon tumbang terjadi di jurusan Banjar Buungan, Desa Tiga menuju objek wisata Penglipuran, sampai menutupi ruas jalan raya dan mengganggu arus lalu lintas.

Baca juga :  Rai Mantra Apresiasi Peluncuran Uang Baru Nominal Rp75 Ribu

Hal serupa juga terjadi di sebelah barat SMAN 2 Bangli, gegara pohon wani tumbang sampai menutupi jalan jurusan Bangli–Kintamani. Arus lalin yang terganggu kemudian bisa dialihkan melalui Jalan Banteng menuju Jalan Yayasan Guru Kula.

Bhabinkamtibmas dan babinsa setempat melaksanakan pengaturan lalu lintas, juga membantu membersihkan batang dan dahan pohon bersama masyarakat. Kemudian bencana tanah longsor juga terjadi di Jaba Pura Dalem Gede Bunutin, Desa Adat Bunutin, Bangli.

Tanah longsor tergerus air hujan dengan lebar sekitar lima m dan kedalaman sekitar 25 meter. Aparat desa dan perbekel melaksanakan pengecekan dan memasang pembatas dengan tali serta Bambu, selain berkoordinasi dengan pangempon Pura dan Prajuru Adat Desa Adat Bunutin. gia

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.