Konvensi Rakyat Bentuk Ikhtiar Perindo Wujudkan Politik Substantif

TGB. Muhammad Zainul Majdi (kiri) saat bersama Gubernur NTB, Zulkieflimansyah; dan anggota Fraksi Nasdem DPR RI, Syamsul Lutfi, di salah satu acara pengajian akbar di Pancor, Kabupaten Lotim, Sabtu (7/5/2022). Foto: ist
TGB. Muhammad Zainul Majdi (kiri) saat bersama Gubernur NTB, Zulkieflimansyah; dan anggota Fraksi Nasdem DPR RI, Syamsul Lutfi, di salah satu acara pengajian akbar di Pancor, Kabupaten Lotim, Sabtu (7/5/2022). Foto: ist

LOTIM – Ketua Dewan Nasional Konvensi Rakyat Partai Persatuan Indonesia (Perindo), TGB Muhammad Zainul Majdi, mengatakan, konvensi rakyat yang diselenggarakan Partai Perindo merupakan upaya memajukan politik demokrasi substantif guna ikut menjadi bagian perjuangan politik inklusif. Karena itu, mantan Gubernur NTB dua periode itu mengajak warga NTB berpartisipasi dalam program penjaringan secara daring bagi yang berminat mendaftarkan diri sebagai bakal calon anggota legislatif (bacaleg) untuk Pemilu 2024 melalui Perindo. Tentu dengan memperhatikan ketentuan yang ada.

“Konvensi rakyat ini adalah ikhtiar membentuk ekosistem demokrasi digital, yang mampu memperkuat partisipasi politik masyarakat dalam proses pencalonan anggota legislatif di semua tingkatan,” kata TGB saat mengisi pengajian di Pancor, Kabupaten Lombok Timur (Lotim), Sabtu (7/5/2022).

Bacaan Lainnya

Menurut TGB, ide konvensi rakyat semata-mata untuk memperkuat partisipasi kandidasi, memperkokoh transparansi proses kandidasi, dan menyatukan semangat serta langkah nyata melalui Perindo. TGB juga mendaku tak heran jika sejak diluncurkan 25 November 2021 lalu hingga kini, sebanyak 800 bacaleg mendaftar Konvensi Rakyat Partai Perindo melalui situs www.konvensirakyat.com. Kondisi ini diklaim memberi gambaran nyata upaya pembentukan ekosistem demokrasi digital terus diterima dan tumbuh di masyarakat. 

Baca juga :  Bangun Pariwisata di Tengah Maupun Pascapandemi, Cok Ace : Perlu Kolaborasi Harmonis

Seluruh komponen bangsa turut diajak mendukung Konvensi Rakyat Perindo melalui laman www.konvensirakyat.com dan bisa pula melalui website www.partaiperindo.com. Menurutnya, panggilan kebaikan dari Konvensi Rakyat ini untuk memajukan politik demokrasi substantif menjadi bagian dari perjuangan politik yang inklusif, memperkuat partisipasi kandidasi, memperkokoh proses kandidasi yang transparan, dan menyatukan semangat serta langkah nyata melalui Perindo.

Seremoni peluncuran dan pembukaan Konvensi Rakyat dipimpin Ketua Umum DPP Partai Perindo, Hary Tanoesoedibjo. Tujuan Perindo membentuk program Konvensi Rakyat disebut yakni untuk memilih calon anggota legislatif yang berintegritas politik tinggi, bermartabat terhadap pendukung dan pemilihnya, serta memiliki relasi kokoh dengan Perindo untuk memperjuangkan kesejahteraan publik sesuai cita-cita dan garis politik partai.

Pula menguatkan komitmen Perindo sebagai partai inklusif bagi rakyat Indonesia.

Dalam pandangan TGB, saat ini terlihat bagaimana masyarakat Indonesia masih memiliki harapan terhadap partai politik untuk memperjuangkan aspirasi melalui proses yang terlembaga dan konstitusional. “Hal ini menjadi amanah yang harus dipegang teguh Partai Perindo dan penyelenggara Konvensi Rakyat,” pesannya. rul

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.