KMHDI Karangasem Hijaukan Kecamatan Kubu

PC KMHDI Karangasem foto bersama di sela kegiatan penghijauan di Desa Dukuh, Kecamatan Kubu, Karangasem, Senin (11/4/2022). foto: ist

KARANGASEM – PC KMHDI Karangasem melaksanakan penghijauan di Desa Dukuh dengan mengundang Kepala Wilayah, Penyuluh Kehutanan, kelompok tani, dan sekaa teruna di lingkungan setempat. Ketua PC KMHDI Karangasem, I Ketut Suardana, Senin (11/4/2022) berkata penanaman pohon ini kegiatan berskala nasional dan instruksi PP KMHDI.

“Gerakan KMHDI menanam sejuta pohon ini dilaksanakan di seluruh Indonesia, dan kami mendapat instruksi dari PP KMHDI melaksanakan ini sejak Februari lalu,”ujarnya.

Bacaan Lainnya

Ketut Suardana berujar, KMHDI tidak hanya melaksanakan penanaman pohon, tapi juga banyak kegiatan di bidang pengabdian terhadap masyarakat, pendidikan, maupun bidang lainnya. Mereka dibantu beberapa donatur tetap untuk berkegiatan.

Kegiatan penanaman pohon ini diapresiasi Kepala Wilayah Banjar Dinas Pandan Sari, I Nyoman Gomboh, yang turut hadir saat kegiatan. “Besar harapan kami kegiatan ini dilaksanakan tidak hanya satu kali, tapi bisa secara berkelanjutan. Kami di sini sangat membutuhkan gerakan -gerakan seperti ini terus dipupuk dalam semangat anak-anak muda,” sebutnya.

Ketua Kelompok Tani Simantri Legundi Lestari Indah, I Nengah Arka, menambahkan, menjaga hutan desa sangat penting guna meningkatkan pelestarian alam. Tapi kendala utama di wilayahnya adalah air. Dia mengaku senang wilayahnya diperhatikan mahasiswa KMHDI.

Untuk dapat menjaga tumbuhan tetap hidup di musim panas, dia berujar sangat membutuhkan air. Di desanya baru ada satu embung air, dan masih ada potensi untuk embung kedua dan ketiga. Gegara terkendala anggaran dan akses jalan, pihak desa kesulitan merealisasikan hal tersebut.

Baca juga :  Wali Kota Jaya Negara Genjot Pelaksanaan Vaksinasi di Sanur

“Besar harapan saya semoga melalui adik-adik mahasiswa bisa menyampaikan aspirasi kami kepada pemerintah, sehingga bisa dibangunn embung 2 dan 3, bahkan mungkin bisa lebih,” pintanya.

Penyuluh Kehutanan, I Nengah Tarug, turut menyatakan dukungan kegiatan KMHDI menanam pohon. Dia juga siap membantu jika KMHDI butuh bibit tanaman.

“Kegiatan penanaman pohon ini hal sangat bagus untuk alam kita, dan untuk jika adik-adik mahasiswa butuh bibit untuk penanaman pohon, kami siap menyediakan dan ikut mendampingi. Saya berharap kegiatan seperti ini menjangkau lebih banyak titik hutan yang gersang, sehingga kita bisa membuat hutan lebih rimbun dan sejuk,” ajaknya. nad

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.