Pasar Nyanggelan Dinilai Tim Verifikasi Nasional, Ini Kelebihan Pasar yang Berdiri Sejak 1995

VERIFIKASI Lapangan Nominasi Pasar Pangan Aman Berbasis Komunitas Tahun 2022 di Pasar Nyanggelan, Panjer, Denpasar, Senin (11/4/2022). Foto: ist

DENPASAR – Pasar Nyanggelan, Desa Adat Panjer, mendapat penilaian dari Tim Verifikasi Lapangan Nominasi Pasar Pangan Aman Berbasis Komunitas Tahun 2022 pada Senin (11/4/2022). Kedatangan Tim yang dipimpin Dit. PMPUPO BPOM RI, Diah Sulistyorini, disambut oleh Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa, bersama para pedagang pasar.

Kepala Pasar Nyanggelan, Wayan Darmana, mengatakan, terpilihnya Pasar Nyanggelan dari hasil kajian dan survei. Selain itu hasil sampling dari penelitian dan pengujian BPOM bahwa Pasar Nyanggelan nol dari bahan berbahaya.

Bacaan Lainnya

Para pedagang sudah disosialisasikan mengenai penerapan Pasar Aman sejak tahun 2017. Tak hanya itu, BPOM juga sudah melatih tenaga di pasar yang memiliki total 192 pedagang ini untuk melakukan sampling secara mandiri.

Wawali Arya Wibawa mengatakan, pelaksanaan Program Pasar Aman di Pasar Nyanggelan memberikan dampak yang positif terhadap kepercayaan masyarakat dan meningkatkan daya saing. Sehingga tidak ragu lagi untuk berbelanja kebutuhan pangan yang dikonsumsi.

Pasar Nyanggelan juga memiliki banyak prestasi seperti Pasar SNI, Pasar Sehat, Pasar Bersih, pasar tempat study tiru dari berbagai instansi, lembaga, sekolah dan lain-lain. Pasar ini juga memiliki kreativitas dengan berbagai inovasi yang dilakukan.

Baca juga :  Pemkab Klungkung Hibahkan Barang ke PN Semarapura

Sementara itu, Diah Sulistyorini selaku pimpinan Tim Verifikasi Lapangan mengatakan, kedatangan Tim Verifikasi Lapangan bertujuan untuk memotret dan melihat bagaimana Pasar Nyanggelan yang sebenarnya.

Hal ini utamanya berkaitan dengan penerapan objek serta inovasi pendukung dalam menciptakan Pasar Pangan Aman. “Kami berharap Pasar Nyanggelan dengan segala inovasi dapat menjadi yang terbaik,” ujarnya.

Pasar Nyanggelan yang telah berdiri sejak tahun 1995 ini pada tahun 2014 dicanangkan menjadi Pasar Tertib Ukur. Pada tahun 2016 dicanangkan sebagai Pasar Sehat oleh Kemenkes.

Kemudian pada tahun 2017 diintervensi untuk menjadi Pasar Aman oleh BBPOM di Denpasar. Selanjutnya tahun 2018, Pasar Nyanggelan menjadi Pasar SNI dengan mutu Sempurna dan pada 2021 kembali meraih SNI dengan Mutu Sempurna hingga 2024. rap

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.