Ketua TP PKK Morowali Utara Kunjungi Gianyar

KUNJUNGAN Ketua TP PKK Kabupaten Morowali Utara, Febriyanthi H. Dj. Hehi, bersama rombongan di Gianyar. Foto: ist

GIANYAR – Asisten Administrasi Ekonomi dan Pembangunan Gianyar, I Wayan Sadra; didampingi Sekretaris TP PKK Gianyar, Ni Wayan Sriyani; menerima kunjungan Ketua TP PKK Morowali Utara, Febriyanthi H. Dj. Hehi, bersama rombongan di Ruang Sidang Utama Kantor Bupati Gianyar, Kamis (22/9/2022). Kunjungan dilaksanakan terkait kaji banding kelembagaan dan 10 Pokok Program PKK.

Febriyanthi H. Dj. Hehi mengatakan, dia melihat banyak program inovatif dari TP PKK Gianyar, salah satunya Program Puspa Aman yang terintegrasi dengan TPS3R dan Aku Hatinya PKK. Makanya dia memilih Kabupaten Gianyar sebagai lokus kunjunganya.

Bacaan Lainnya

“Sebenarnya kami di Morowali Utara punya program yang sama yaitu program Gempar dan Pajeko. Jadi, di sini kami bisa belajar mengintegrasikan agar program ini bisa berjalan baik,” ujarnya.

Dia juga mengaku kagum dengan kebersihan Gianyar, karena di Morowali Utara sampah masih sangat sulit diselesaikan. Dia ingin menerapkan menerapkan kebersihan itu kepada masyarakatnya, dan ingin belajar pengolahan sampah dari Gianyar.

Selain itu, dia sangat terkesan dengan destinasi wisata di Gianyar yang didukung UMKM di bawah arahan Dekranasda Gianyar. “Kami di Morowali sudah memulai dengan UMKM yang ada, dan masih perlu banyak belajar serta melihat di Kabupaten Gianyar,” tandasnya.

Baca juga :  Jadi Pilot Tempur Wanita Pertama TNI AU, Siapakah Dia?

I Wayan Sadra menjelaskan, masalah sampah di Gianyar dapat teratasi dengan terlebih dahulu membuat regulasi guna memberi payung hukum. “Di masing-masing desa sudah diatur untuk menjaga kebersihan melalui pengumpulan sampah di masing-masing rumah tangga,” jelasnya.

Terkait perekonomian di Gianyar yang mengandalkan pariwisata, adanya pandemi Covid-19 diakui sangat berdampak terhadap pendapatan asli daerah (PAD). Karena itu pembangunan di bawah arahan Bupati Mahayastra menerapkan skala prioritas seperti pasar dan fasilitas umum.

PKK juga berperan serta guna kembali meningkatkan perekonomian dengan mengadakan Pasar Rakyat, yang dilaksanakan bergilir di sembilan kabupaten/kota Bali.

Ni Wayan Sriyani menambahkan, fokus kegiatan pokok TP PKK sesungguhnya hanya dua kegiatan besar, yaitu kegiatan aksi sosial dan sosialisasi. Aksi sosial merupakan kegiatan turun menyasar masyarakat seperti pasar rakyat dan pembagian PMT kepada balita, lansia maupun kader PKK yang kurang mampu. Sementara sosialisasi dilakukan terkait keunggulan di masing-masing pokja.

Selain itu, sambungnya, TP PKK Gianyar juga menerapkan aplikasi SIM PKK yang bekerjasama dengan Dinas Kominfo. “Di situ sudah masuk data dasawisma, data pokja, dan data kegiatan di masing-masing kecamatan dan desa,” paparnya.

Di akhir acara dilanjutkan dengan mengunjungi pameran UMKM Dekranasda Gianyar, TPA Negeri Gianyar dan TPS3R Desa Sidan. adi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.