Ketua MPR Ingatkan Pentingnya Peningkatan Kualitas Insan Pers

  • Whatsapp
DOKUMEN - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (kiri) saat menyerahkan secara simbolis bantuan 5.000 alat rapid test untuk Pemprov Bali yang diterima Gubernur Wayan Koster. foto: antaranews

JAKARTA – Ketua MPR, Bambang Soesatyo, mengingatkan sekaligus mengajak seluruh insan pers agar selalu meningkatkan kualitas diri serta organisasi agar karya-karyanya bisa berdampak baik untuk bangsa dan negara.

Dalam penyataannya di Jakarta, Selasa (12/1/2021), dia mengatakan hal itu terlebih di masa pandemi Covid-19 ini, profesionalisme wartawan Indonesia semakin teruji untuk mampu menyajikan berita yang akurat dan terpercaya.

Bacaan Lainnya

Pers, kata, dia merupakan jembatan informasi kepada rakyat di seluruh pelosok Indonesia. Karena itu, insan pers harus menjunjung tinggi kode etik, kaidah jurnalistik serta menjaga keseimbangan dalam melakukan berbagai kegiatan pers.

“Jangan sampai pemberitaan yang sampai kepada rakyat meleset dari prinsip kebenaran,” kata dia, saat menerima Ketua DPP Ikatan Wartawan Online (IWO), Jodhi Yudono, di ruang kerjanya.

Ia menuturkan dalam survei Digital 2020 yang dikeluarkan We are Sosial, Indonesia menempati peringkat ketiga sebagai negara dengan pertumbuhan populasi internet terbesar dunia, setelah India dan China.

Ia mengatakan tercatat pengakses internet di Indonesia meningkat 17 persen dalam satu tahun terakhir atau meningkat sekitar 25,3 juta pengakses internet. Penetrasi pengguna internet di Indonesia meningkat mencapai 64 persen atau sekitar 175 juta penduduk Indonesia telah mengakses internet.

Baca juga :  Sinergi K3S Denpasar Bersama Bank BPD Bali Serahkan Bantuan Sembako Kepada Veteran

“Rata-rata dalam sehari, setiap pengguna internet di Indonesia menghabiskan 7 jam 59 menit untuk mengakses internet. Lamanya waktu mengakses internet di Indonesia lebih besar dari rata-rata dunia yang hanya 6 jam 45 menit,” kata dia seperti dilansir dari antaranews.

Karena itu, dia mengingatkan IWO untuk bisa memberikan edukasi yang baik dan benar kepada masyarakat, apalagi pemberitaan berbasis online tidak dipungkiri di era ini menjadi yang paling mengemuka, menggeser media konvesional lain, semisal media cetak.

“Saya juga sangat mengapresiasi IWO yang sangat peduli dengan Sosialisasi Empat Pilar MPR. MPR membuka tangan selebar-lebarnya kepada siapa saja, termasuk kepada insan pers Indonesia untuk bersama-sama melakukan Sosialisasi Empat Pilar MPR kepada seluruh lapisan masyarakat,” pungkasnya. yes

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.