Keluarga Miskin di Negari Dibagikan Alat Hidroponik

  • Whatsapp
BUPATI Suwirta saat membuka pelatihan hidroponik di Balai Banjar Desa Negari, Kecamatan Banjarangkan, Jumat (26/11/2021). Foto: ist

KLUNGKUNG – Para keluarga miskin di Desa Negari, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung mendapat bantuan alat hidroponik dari Pemkab Klungkung. Selain itu, mereka juga diberi pelatihan hidroponik, yang diselenggarakan di Balai Desa Negari, Jumat (26/11/2021).

Hidroponik merupakan jenis budidaya tanaman yang tidak menggunakan tanah, tetapi menggunakan air sebagai media tanamannya dengan menambah kebutuhan nutrisi bagi tanaman.

Bacaan Lainnya

“Mari pergunakan dan manfaatkan bantuan ini dengan sebaik-baiknya, dan hal yang paling penting ikuti segala arahan dari pelatih,” kata Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta, saat membuka pelatihan hidroponik dan penyerahan alat hidroponik itu.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Klungkung, Ayu Suwirta, melaporkan, tujuan kegiatan itu untuk mempercepat pengentasan masyarakat dari kemiskinan di Klungkung, memenuhi ketersediaan bahan pangan sumber nabati skala keluarga, menambah pendapatan keluarga, dan pengetahuan serta keterampilan keluarga. Dana bantuan ini bersumber dari CSR PT PLN UP3 Bali senlai Rp100 juta.

Jumlah calon penerima bantuan hidroponik sebanyak 31 KK dari Desa Negari (15 KK), dan Desa Tusan (15 KK). Mereka sebelumnya diverifikasi Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Klungkung.

Selain itu juga diserahkan bantuan CSR PLN untuk tiga UMKM dan alat produksi hasil Bedah Desa. “Semoga dengan bantuan ini bisa meringankan, dan bermanfaat bagi masyarakat kurang mampu,”ucapnya.

Baca juga :  Melalui Vicon, Koster Ikuti Rakor KPK RI

Dalam kesempatan itu, Bupati Suwirta mengucapkan terima kasih kepada PT PLN yang menyisihkan dana untuk membantu masyarakat kurang mampu.

Dia mengajak menjadikan bantuan ini untuk mengubah pola pikir agar bisa keluar dari garis kemiskinan. “Setelah menerima bantuan ini, tolong pergunakan dengan sebaik-baiknya,” pesannya kepada para penerima.

Selain itu, Suwirta mengajak meningkatkan terus ketekunan merawat dan memelihara hidroponik ini. Upaya itu dilakukan agar bisa meningkatkan hasil produksinya.

“Jadikan tempat hidroponik ini sebagai hiburan di rumah, mari tata dengan baik, sehingga hasil pertumbuhannya bisa makin bagus,” harapnya. baw

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.