Karangasem Segera Jalankan Vaksin Covid-19

  • Whatsapp
SEKDA Karangasem, I Ketut Sedana Merta (kiri), bersama Kepala Dinas Kesehatan Karangasem, I Gusti Bagus Putra Pertama. Foto: nad
SEKDA Karangasem, I Ketut Sedana Merta (kiri), bersama Kepala Dinas Kesehatan Karangasem, I Gusti Bagus Putra Pertama. Foto: nad

KARANGASEM – Pemkab Karangasem bergerak cepat menyiapkan menyiapkan tahapan untuk menjalankan vaksinasi Covid-19 di wilayahnya sesuai petunjuk teknis Kementerian Kesehatan. Salah satu yang diperkuat adalah sumber daya manusia tenaga kesehatan yang akan bertugas memvaksin. Hal itu diutarakan Kepala Dinas Kesehatan Karangasem, I Gusti Bagus Putra Pertama; saat mendampingi Sekda Karangasem, I Ketut Sedana Merta, Rabu (6/1/2021).

Pertama berujar, selain tenaga kesehatan, perangkat pendukung lain yang diatensi yakni tempat penyimpanan yang mulai disiapkan sejak akhir Desember 2020. Dia menyebut rencana pada Jumat (8/1/2021) nanti melaksanakan sosialisasi kepada pimpinan terkait petunjuk teknis pelaksanaan vaksinasi di Karangasem. “Setelah itu mungkin minggu depan sebelum mulai sesuai direncanakan pemerintah pusat, kami juga akan melaksanakan simulasi di fasilitas layanan kesehatan terkait,” ungkapnya.

Bacaan Lainnya

Sasaran yang akan divaksin di Karangasem, ucapnya, mengacu kepada apa yang oleh pemerintah yakni tenaga kesehatan (nakes) sebanyak 2.500 orang. Mereka akan dibagi menjadi tahap pertama mendapat prioritas, dengan periode Januari sampai dengan April 2021. Selain nakes, yang mendapat prioritas yakni pemberi pelayanan publik seperti personel TNI, Polri, Satpol PP dan lainnya.

Baca juga :  Stadion Dipta Gianyar Mulai Direnovasi, Gubernur Koster Lakukan Peletakan Batu Pertama

Kemudian pada April 2021 sampai dengan Maret 2022 adalah seluruh masyarakat kelompok umur 18 sampai 59 tahun yang memenuhi syarat-syarat. Contohnya tidak hamil, tidak menyusui, kemudian tidak pernah positif Covid-19. ‘’Alasan yang divaksin antara umur 18 tahun sampai 59 tahun, karena vaksin untuk umur di bawah 18 tahun belum ada,” tambahnya.

Untuk calon penerima vaksin pertama, imbuhnya, dari 2.500 orang, yang sudah terverifikasi sebanyak 1.900 orang. Mereka sudah mendapat SMS, dan akan mendapat SMS pemberitahuan kembali setelah ada penetapan fasilitas pelayanan kesehatan sebagai tempat vaksinasi.

Pertama menyebut mengusulkan 13 tempat fasilitas kesehatan untuk tempat  vaksinasi. Jika dirasa masih kurang, instansinya akan mengembangkan lagi tempat tempat fasilitas kesehatan.  Salah satu syaratnya adalah tersedia tenaga, kemudian ada tempat penyimpanan vaksin, dan ada izin operasional.

“Untuk pasien yang akan datang ke Karangasem kami sudah menyiapkan satu gudang farmasi, dan 13 fasilitas kesehatan sebagai tempat sudah disiapkan kulkas vaksin tersendiri,” ulas Pertama. nad

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.