Jaga Spirit Kebangsaan, Nasdem Bali Sumbang 186 Kantong Darah

  • Whatsapp
PETUGAS kesehatan mengambil darah dari para pendonor darah dalam aksi sosial yang digelar di DPW Partai Nasdem Bali selama dua hari, 27-28 Oktober 2021 serangkaian Hari Sumpah Pemuda ke-93. Foto: Ist
PETUGAS kesehatan mengambil darah dari para pendonor darah dalam aksi sosial yang digelar di DPW Partai Nasdem Bali selama dua hari, 27-28 Oktober 2021 serangkaian Hari Sumpah Pemuda ke-93. Foto: Ist

DENPASAR – Sedikitnya 186 kantong darah berhasil dihimpun dalam donor darah yang digalang DPW Partai Nasdem Bali selama dua hari, Rabu (27/10/2021) dan Kamis (28/10/2021). Sesungguhnya ada 218 calon pendonor yang hadir dalam kegiatan partai yang dinakhodai Julie Sutrisno Laiskodat itu, tapi yang lolos skrining kelayakan hanya 186 orang. Dalam kegiatan dalam memaknai Hari Sumpah Pemuda ke-93 itu, usai menyumbang darah, para pendonor mendapat apresiasi berupa paket sembako.

Ketua Satgas Pemuda Siaga Pandemi (PSP) Jilid II, Dewa Gede Adi Palguna, berujar, 186 kantong darah yang terkumpul didistribusikan langsung oleh PMI Provinsi Bali ke masyarakat yang membutuhkan. Dia merinci, pada hari pertama, dari 102 pendonor yang mendaftar, terkumpul 88 kantong darah. Pada hari kedua, dari 116 calon pendonor, terkumpul 98 kantong darah. Dia memastikan para pendonor sehat jasmani, karena menerapkan protokol kesehatan ketat saat skrining.

Bacaan Lainnya

Dia memaparkan, aksi sosial di Sekretariat DPW Nasdem Bali, Jalan Tukad Batanghari Nomor 7 Denpasar itu merupakan rangkaian gerakan Pemuda Siaga Pandemi Jilid II. Ini lanjutan dari aksi kemanusiaan lainnya sejak Garda Pemuda Nasdem meluncurkan Program Siaga Pandemi Bersama Donor Plasma (PSP Berderma) untuk membantu masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

Baca juga :  Ketua Diproses DKPP, KPU Karangasem Tak Terpengaruh Persiapkan Pilkada

Partai Nasdem, jelasnya, melalui Garda Pemuda Nasdem meluncurkan program PSP Berderma. Ini serangkaian peringatan 10 tahun Garda Pemuda sekaligus ulang tahun ke-70 Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh pada 16 Juli 2021. Situasi bulan Juli 2021, ucapnya, cukup menakutkan yang ditandai dengan peningkatan pasien Covid-19, sampai sejumlah rumah sakit overkapasitas.

Kebutuhan darah, khususnya plasma konvalesen atau darah yang berasal dari penyintas Covid-19, juga sangat tinggi. “Inilah yang direspons serius Garda Pemuda Nasdem,” serunya sembari berkata misi besar Pemuda Siaga Pandemi adalah membantu sesama.

Kini, sambungnya, meski kurva penularan Covid-19 melandai, Nasdem Bali tetap merasa perlu menjaga stok darah PMI Bali tetap aman. Momentum Hari Sumpah Pemuda dipilih untuk menjaga semangat kebangsaan dan kepedulian kepada sesama melalui donor darah. “Karena kebutuhan akan plasma konvalesen sudah menurun di Bali, kami putuskan menggelar donor darah biasa,” rincinya.

Ketua DPW Garda Pemuda Nasdem Bali, I Kadek Sujanayasa, menambahkan, berbagi pada masa pandemi tak selalu harus berupa sumbangan materi. “Ini rangkaian dari gerakan Pemuda Siaga Pandemi Jilid II. Kami bergerak untuk membantu sesama dan kebetulan bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, Kamis, 28 Oktober 2021,” ucap legislator DPRD Karangasem itu.  

Sujanayasa merinci, Garda Pemuda Nasdem bergerak bersama dengan Garnita Malahayati (Garda Wanita) NasDem, dan Badan Rescue NasDem bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Bali. Peran strategis pemuda ini dilaksanakan di Sekretariat DPW NasDem Bali, Rabu (27/10/2021) dan Kamis (28/10/2021). “Untuk kegiatan di hari pertama, kami melibatkan Garda Pemuda Nasdem Jembrana, Buleleng, Karangasem, Bangli, dan Klungkung. Tak hanya kader Nasdem, masyarakat umum juga sangat antusias mendonorkan darahnya untuk membantu sesama di masa pandemi Covid-19. Sebagai bentuk apresiasi DPW Nasdem Bali memberikan sembako dan baju kaos bagi peserta yang memenuhi syarat sebagai pendonor,” ucapnya memungkasi. hen

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.