Jabatan Fungsional Mempercepat Pelayanan ke Masyarakat

  • Whatsapp
BUPATI Karangasem, I Gede Dana, melantik atau mengukuhkan 230 pejabat fungsional yang merupakan penyetaraan atau penghapusan eselon IV secara selektif, di Wantilan Nawa Satya kantor Bupati Karangasem, Kamis (30/12/2021). Foto: ist

KARANGASEM – Bupati Karangasem, I Gede Dana, melantik atau mengukuhkan 230 pejabat fungsional yang merupakan penyetaraan atau penghapusan eselon IV secara selektif, di Wantilan Nawa Satya kantor Bupati Karangasem, Kamis (30/12/2021).

Hal tersebut dilakukan sesuai amanat Permenpan Nomor 17/2021 tentang Penyetaraan Jabatan Administrasi ke Dalam Jabatan Fungsional.

Bacaan Lainnya

Dana usai acara mengatakan, pengukuhan tersebut dilakukan dalam rangka memutus rantai birokrasi, sekaligus mempercepat pelayanan kepada masyarakat. Namun, dia menyebut penghapusan eselon IV tersebut tidak serta merta berarti dihapus.

“Hari ini (kemarin) hanya pengukuhan saja, tidak ada promosi maupun perpindahan. Ini hanya penyederhanaan jabatan atau penyetaraan jabatan supaya tidak terlalu banyak ada sebutan jabatan,” terangnya.

Selain eselon IV itu, ada sebanyak 50 eselon IVA yang dikukuhkan kembali dengan nomenklatur baru hasil penggabungan tugas dan fungsi beberapa eselon IV yang dihapus.

Pada kesempatan yang sama, Dana juga melantik 38 jabatan fungsional guru karena formasi CPNS, satu jabatan fungsional dokter gigi ahli utama, dan satu jabatan fungsional analis kebakaran ahli madya hasil uji kompetensi di Kemendagri.

Selanjutnya, setelah pejabat eselon IV dihapus, Dana juga akan segera menghapus lima perangkat daerah. Mereka akan digabung ke dalam beberapa perangkat daerah yang masih bersesuaian atau serumpun urusan pemerintahannya.

Baca juga :  Seminar Peringati Hari Antikorupsi Sedunia, Bupati Tabanan Dukung Program KPK

“Saya berharap pejabat fungsional yang baru dikukuhkan ini bisa bekerja dengan fokus dan tulus sesuai fungsinya,” pesan Bupati berpenampilan kalem itu. nad

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.