IHDN Naik Status Jadi Universitas, Koster Ucapkan Terima Kasih kepada Fachrul Razi

  • Whatsapp
MENTERI Agama, Fachrul Razi; didampingi Gubernur Bali, Wayan Koster, saat peresmian Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar. Foto: ist
MENTERI Agama, Fachrul Razi; didampingi Gubernur Bali, Wayan Koster, saat peresmian Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar. Foto: ist

DENPASAR – Gubernur Bali, Wayan Koster, mengucapkan terima kasih kepada Menteri Agama RI, Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi; Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat (Dirjen Bimas) Hindu, Dr. Tri Handoko Seto, Pejabat di Kementrian PAN-RB, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementrian Hukum dan HAM, hingga kepada Sekretariat Negara. Karena Institut Hindu Dharma Negeri (IHDN) Denpasar yang terus diperjuangkannya untuk bisa naik status menjadi universitas akhirnya terwujud, Minggu (20/12/2020). Institut Hindu Dharma Negeri (IHDN) Denpasar, kini resmi menjadi Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar di Jalan Ratna, Tonja, Denpasar Utara.

Menurut Koster, peningkatan dari institute menjadi universitas adalah perjuangannya sejak duduk menjadi Anggota DPR RI, Fraksi PDI Perjuangan selama tiga Periode (2004-2009, 2009-2014, 2014-2019), yang bertugas di Komisi X dan di Badan Anggaran DPR – RI dengan menyuarakan, memperjuangkan, dan mengawal kebijakan Pendidikan Keagamaan di DPR – RI yang berkaitan dengan kebijakan pendidikan bagi umat Hindu, Kristen/Katholik, dan Budha.

Bacaan Lainnya

“Saat itu, saya menemui langsung Menteri Agama RI (2004 – 2009), Bapak Muhammad Maftuh Basyuni,” tuturnya, seraya mengatakan, dirinya juga mengusulkan Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri di Mataram dan Palangkaraya menjadi Institut Hindu Dharma Negeri, dan berdirinya Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja.

Baca juga :  Pengprov KBI Bali Gelar Penataran Pelatih Kick Boxing

Berkenaan dengan peningkatan status IHDN menjadi Universitas tersebut, Koster juga mengungkapkan bahwa ia sebelumnya telah berkoordinasi secara intensif dengan Dirjen Pendidikan Tinggi untuk mendapatkan rekomendasi persyaratan akademis, dan menemui langsung Menpan RI, Bapak Asman Abnur, serta Deputi Kelembagaan dan Tata Laksana Kementerian PAN-RB RI, Ibu Rini Widyantini.

“Meskipun sekarang peningkatan status IHDN sudah menjadi Universitas, saya dalam kesempatan ini memohon terus dukungan Bapak Menteri untuk mengembangkan Pendidikan Keagamaan Hindu dan pembinaan umat Hindu di Indonesia, tidak saja di Bali, mulai jenjang pendidikan dasar sampai pendidikan tinggi, baik formal maupun non-formal. Khusus berkaitan dengan Universitas ini, Saya mohon Bapak Menteri agar terus mengembangkan sarana prasarana Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar,” harapnya.

Sementara itu, Fachrul Razi menyampaikan terima kasih atas bantuan yang diberikan Wayan Koster saat duduk di DPR RI di bidang pendidikan, khususnya pendidikan agama Hindu. Apalagi, lanjut dia,juga akan melakukan pengadaan lahan untuk membangun Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

Pihaknya juga memberikan hormat kepada Alm. I Gusti Bagus Sugriwa atas jasa-jasanya membangun pendidikan Hindu. Seperti apa yang sudah dijelaskan oleh Rektor Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar, Prof. Dr. I Gusti Ngurah Sudiana, M.Si bahwa I Gusti Bagus Sugriwa merupakan tokoh agama, tokoh pendidikan, pendiri PGA, IHDN, PHDI, membuat Puja Trisandya, Buku Agama Hindu dan Karya Sastra, yang kemudian diangkat oleh Presiden Soekarno sebagai Angkatan Nasional yang dibentuk sebagai lembaga Penasehat Kabinet Presiden dan Anggota DPA Perwakilan Hindu Bali pada Juli 1957.

Baca juga :  PKK Denpasar Sinergi Swasta Aktifkan Posyandu Remaja

“Hari ini sangat bersejarah dapat mewujudkan peningkatan status IHDN menjadi Universitas dan sudah memenuhi syarat menjadi Universitas. Saya harap UHN I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar terus menampilkan citra yang baik, dan berbenah agar memiliki sumber daya manusia yang berkualitas dengan dilengkapi prasarana yang berteknologi,” ujarnya. alt

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.