Hujan Dua Hari Hadirkan Bencana Alam di Gianyar

  • Whatsapp
POHON tumbang di wilayah Kabupaten Gianyar. Foto: ist
POHON tumbang di wilayah Kabupaten Gianyar. Foto: ist

GIANYAR – Akibat hujan disertai angin yang terjadi selama dua hari, Senin (5/10/2020) hingga Selasa (6/10/2020), terjadi bencana tanah longsor dan pohon tumbang yang menutupi badan jalan, di Jalan Raya Payangan dan Jalan Raya Tampaksiring. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gianyar mengerahkan lima personel di masing-masing lokasi kejadian untuk menangani.

Pelaksana Tugas Kepala BPBD Gianyar, Ngakan Dharma Jati, Rabu (7/10/2020) mengatakan, hujan disertai angin kencang selama dua hari terakhir menyebabkan bencana di wilayah Gianyar bagian atas. Lokasinya di wilayah Desa Buahan, Kecamatan Payangan; dan di Desa/Kecamatan Tampaksiring.

Bacaan Lainnya

Lebih jauh diutarakan, di masing-masing lokasi kejadian diterjunkan lima personel untuk menangani. BPBD juga berkoordinasi dengan petugas PLN untuk penanganan, lantaran terdapat kabel listrik yang tertimpa pohon. “Kami hanya menerjunkan anggota sambil membawa alat manual untuk tanah longsor (cangkul). Sementara untuk pohon tumbang, evakuasi menggunakan chainshaw (gergaji mesin) dan koordinasi dengan PLN,” jelasnya.

Selain itu, jelasnya, bencana juga terjadi di Desa Sumita berupa tanah longsor yang menimpa saluran irigasi subak. Musibah itu mengakibatkan terjadi penyumbatan saluran irigasi persawahan. BPBD Gianyar juga segera mengambil tindakan dengan menormalkan saluran irigasi yang ditutupi timbunan tanah longsor tersebut.

Baca juga :  Lotim Bebaskan Pajak Hotel dan Restoran

Untuk warga atau pemilik lahan, dia mengimbau untuk sementara waktu tidak mendekat ke lokasi tanah longsor tersebut. “Ini sebagai langkah antisipasi guna menghindari terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” pesannya. adi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.