Hujan Deras dan Angin Kencang, Puluhan Pohon Tumbang di Denpasar

  • Whatsapp
PENANGANAN pohon tumbang yang menghalangi jalan dan menimpa kabel PLN di Jalan Teuku Umar, Simpang Enam, Denpasar Barat, Kamis (4/2/2021). Foto: ist
PENANGANAN pohon tumbang yang menghalangi jalan dan menimpa kabel PLN di Jalan Teuku Umar, Simpang Enam, Denpasar Barat, Kamis (4/2/2021). Foto: ist

DENPASAR – Cuaca ekstrem melanda wilayah Bali sejak beberapa hari terakhir. Di Kota Denpasar, hujan lebat dan angin kencang terjadi pada Rabu (3/2/2021) sore hingga Kamis (4/2/2021) pagi. Akibat kejadian ini, puluhan pohon bertumbangan. Beruntung bencana ini tidak mengakibatkan korban jiwa.

Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Denpasar, pada Rabu (3/2/2021) kejadian pohon tumbang setidaknya terjadi di 29 titik. Lokasi pohon tumbang tersebut antara lain di sejumlah titik di sepanjang Jalan By Pass Ngurah Rai, sejumlah titik di kawasan Niti Mandala Renon, Jalan Gatot Subroto, Jalan Raya Sesetan, dan lokasi lainnya. Kemudian pada Kamis (4/2/2021) hingga sore, tercatat pohon tumbang di 11 titik di antaranya Jalan Teuku Umar, Hotel Grand Bali Beach, Jalan Danau Tamblingan, Jalan Tukad Badung, dan lainnya.

Bacaan Lainnya

Kepala Pelaksana BPBD Kota Denpasar, Ida Bagus Joni Ariwibawa, menerangkan, beberapa kejadian pohon tumbang tersebut ada yang menimpa rumah, menimpa kabel listrik, menimpa pura, menimpa warung, dan menimpa mobil, serta menghalangi jalan. Setelah menerima laporan, petugas BPBD bersama DLHK sigap melakukan evakuasi terhadap pohon tumbang.

Gus Joni bilang, kejadian yang terdata tersebut semuanya sudah selesai ditangani. “Akibat kejadian pohon tumbang di Denpasar, hanya kerugian materiil saja, tidak ada korban jiwa. Nilai kerugian materiilnya belum diketahui,” ucap Gus Joni.

Baca juga :  Masuki Tatanan Era Adaptasi Kebiasaan Baru, Pemkot Denpasar Verifikasi Bidang Pariwisata

Sesuai dengan prediksi BMKG bahwa puncak musim hujan di Bali khususnya Kota Denpasar akan terjadi pada Januari hingga Februari. Masyarakat diharapkan meningkatkan waspada untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Gus Joni menjelaskan bahwa hujan deras disertai dengan angin kencang masih terjadi di Denpasar dalam beberapa pekan ke depan.

Dia mengimbau masyarakat menunda untuk bepergian jika terjadi hujan lebat. Jika terpaksa untuk bepergian, agar menghindari berteduh atau berdekatan dengan pohon perindang yang besar, papan reklame, serta piranti ketinggian lainnya. “Kami mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap musim hujan,” ujar Gus Joni.

Masyarakat juga diharapkan berperan aktif untuk memberikan informasi berkaitan dengan keberadaan pohon perindang yang membahayakan sehingga dapat dilaksanakan prompesan. Selain itu, masyarakat diminta tidak membuang sampah sembarangan untuk menghindari banjir. “Apabila terjadi bencana, segera menghubungi BPBD Kota Denpasar melalui saluran telepon di 112 atau 0361 223333,” tutupnya. rap

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.