Hasil Survei ”Si Poleng Ngayah” Polres Buleleng Kategori Sangat Baik

  • Whatsapp
PEMAPARAN hasil survei program ‘Si Poleng Ngayah’ Polres Buleleng oleh Undiksha Singaraja, Kamis (22/10/2020). foto: rik

BULELENG – Program ‘Si Poleng Ngayah’ yang diluncurkan Polres Buleleng dalam melakukan pelayanan perpanjangan SIM, penerbitan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), dan beberapa pelayanan lainnya termasuk penerimaan laporan pengaduan kehilangan, disurvei Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja.

Survei ini dilakukan yang bekerjasama dengan Undiksha Singaraja untuk mengetahui apakah kehadiran ‘Si Poleng Ngayah’ ditengah-tengah masyarakat dapat diterima atau tidak. Selama ini Program ‘Si Poleng Ngayah’ sudah berjalan sejak Juli 2020 dengan turun langsung ke desa-desa untuk melayani masyarakat.

Bacaan Lainnya

Tim survei yang dipimpin Rektor Undiksha Singaraja, Nyoman Jampel, memaparkan hasil survei dihadapan Kapolres Buleleng AKBP Made Sinar Subawa, didampingi Pejabat Utama Polres Buleleng dan jajaran Kapolsek pada Kamis (22/10/2020) siang bertempat di Ruang Command Center Polres Buleleng.

Dari survei dilakukan, hasilnya sangat baik. Artinya, program tersebut dapat diterima masyarakat. Survei ini dilakukan dengan melakukan kuesioner indeks kepuasan masyarakat (IKM) yang berisi beberapa indikator, seperti persyaratan, prosedur, waktu penyelesaian, biaya, spesifikasi jenis pelayanan, kompetensi pelaksana, perilaku pelaksana, penanganan pengaduan, dan sarana prasarana.

Survei dilakukan dengan menyasar masyarakat menerima layanan ‘Si Poleng Ngayah’ di seluruh wilayah Kabupaten Buleleng dengan jumlah responden sebanyak 531 dan tingkat akurasi sampel 85 persen. “Skor IKM Si Poleng Ngayah adalah 84,04 dalam kategori sangat baik,” kata Nyoman Jampel.

Baca juga :  Banjar Dinas Serokadan Resmi Dimekarkan

Meski demikian, ada beberapa saran disampaikan masyarakat terhadap ‘Si Poleng Ngayah’ yakni, informasi harus lebih luas, jam pelayanan diperpanjang, program dilaksanakan secara rutin terutama daerah jauh dari kota, pelayanan dipercepat, ada penurunan tarif di masa pandemi, serta sarana prasarana agar lebih ditingkatkan.

Kapolres Buleleng, AKBP Made Sinar Subawa, mengatakan, melihat hasil survei ini, maka program ‘Si Poleng Ngayah’ akan terus dilanjutkan. Dia juga akan melakukan perbaikan terhadap beberapa saran dari masyarakat. Dengan masukan itu diharapkan pelayanan ‘Si Poleng Ngayah’ bisa lebih baik ke depan.

“Hal ini berkaitan dengan pencanangan zona integritas yang salah satunya dinilai tentang pelayanan terhadap masyarakat dan secara internal. Dan ini sudah memenuhi syarat untuk diajukan ke Kementerian PAN-RB,” ujar Kapolres Buleleng. rik

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.