Harga Cabai Merah di Denpasar Naik 8,78 Persen

  • Whatsapp
PELAKSANAAN pemantauan harga bahan pokok di empat pasar di Kota Denpasar pada Kamis (4/2/2021). Foto: ist
PELAKSANAAN pemantauan harga bahan pokok di empat pasar di Kota Denpasar pada Kamis (4/2/2021). Foto: ist

DENPASAR – Untuk memastikan stabilitas harga bahan pokok dan bahan penting di pasaran, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Denpasar melakukan pemantauan harga bahan kebutuhan pokok. Pada Kamis (4/2/2021), pemantauan harga menyasar empat pasar rakyat yakni Pasar Badung, Pasar Kereneng, Pasar Phula Kerti, dan Pasar Agung.

Kepala Disperindag Kota Denpasar, Ni Nyoman Sri Utari; bersama Kepala Bidang Metrologi dan Tertib Niaga, Putu Gede Sukadana, mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan untuk mengetahui stabilitas harga kebutuhan pokok, pendistribusian, dan ketersediaannya. Dijelaskannya, Tim Monev Disperindag Kota Denpasar rutin melakukan pemantauan harga dua kali seminggu yakni hari Senin dan Kamis di pasar-pasar rakyat.

Bacaan Lainnya

Hasil pemantauan harga Kamis kemarin dilaporkan bahwa harga cabai merah besar mengalami kenaikan. Sebelumnya dijual dengan harga Rp37.000/Kg, naik menjadi harga rata-rata Rp40.250/Kg, artinya ada kenaikan sebesar 8,78 persen. Komoditas cabai merah kecil sebelumnya dengan harga jual rata-rata Rp71.250/Kg, terpantau turun 3,51 persen menjadi Rp68.750/Kg.

Komoditas daging ayam broiler, harga jual sebelumnya Rp34.000/Kg. Dalam pemantauan kemarin diketahui dijual dengan harga rata-rata Rp33.500/Kg, turun Rp500/Kg atau sebesar 1,47%. Untuk harga barang penting di beberapa toko, terpantau tidak mengalami perubahan.

Baca juga :  Korlap Gerindra Se-Denut Siap Menangkan Jaya-Wibawa dengan Terhormat dan Bermartabat

Menurut Sri Utari, bahan kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan itu dikarenakan stoknya terbatas. Meskipun demikian, katanya kenaikan kali ini tidak begitu melonjak dan masih bisa dijangkau masyarakat. ‘’Agar tidak mengalami kenaikan yang melonjak, kami akan terus melakukan pemantauan,’’ ungkapnya.

Pemantauan rutin dilaksanakan di seluruh pasar rakyat di Kota Denpasar, mengingat menjelang hari raya termasuk awal tahun biasanya bahan harga kebutuhan pokok mengalami kenaikan. Dalam kegiatan ini, Disperindag pun tidak bosan-bosan mengajak warga Kota Denpasar untuk selalu ‘Ingat Pesan Ibu dan 3M’ yakni mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak aman, dan memakai masker dengan benar. rap

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.