Harga Bahan Pokok Merangkak Naik di Karangasem

  • Whatsapp
STOK beras di salah satu toko di Pasar Amlapura, Karangasem. Foto: nad

KARANGASEM – Harga bahan pokok seperti beras, minyak goreng dan gula pasir di Karangasem mulai merangkak naik sejak beberapa hari terakhir. Meski begitu, untuk rantai suplai sementara ini masih terbilang aman.

Ni Luh Sukarti, pengepul beras di Pasar Amlapura, Karangasem menuturkan, harga beras saat ini memang mulai naik. Untuk beras isi 5 kilogram yang sebelumnya berharga Rp58 ribu, sekarang naik menjadi Rp60 ribu. “Naik sekitar 2.000 rupiah yang beras berat 5 kilo ini,” kata Sukarti saat ditemui di tokonya, Kamis (6/1/2022).

Bacaan Lainnya

Dia mendaku tidak tahu apa penyebab kenaikan harga itu sesungguhnya, entah tingginya permintaan konsumen atau sebab lain. Selain beras, komoditas yang mulai naik harga yakni gula pasir dan minyak goreng.

Untuk gula pasir kenaikannya sejak kemarin hanya Rp1.000, dari Rp12 ribu menjadi Rp13 ribu per kilogram. Kalau satu sak biasanya Rp575 ribu, sekarang 600 ribu. “Harga minyak tanah masih kurang jelas informasinya, hanya saja dikatakan naik,” sambungnya.

Ni Nengah Kartiani, pedagang beras lain di pasar yang sama, berkata sejauh ini belum ada perkembangan kenaikan beras yang drastis. Dia menyebut masih menjual dengan harga biasa, tergantung kualitas berasnya. Sebab, beda harga tentu akan beda kualitas.

Baca juga :  Putri Koster : Disiplin PHBS Kunci Hadapi Pandemi

“Kalau nanti memang harga naik, kami menjual sesuai perkembangan harga juga. Sejauh ini saya belum jual dengan harga yang seperti diinformasikan tersebut,” ucapnya.

Berdasarkan keterangan sejumlah pedagang, pasokan beras sebagian besar didatangkan dari wilayah Banyuwangi, Jawa Timur. nad

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.