Habis ”Dibully” Dipinang Masuk Kabinet KONI Bali, Togar Tetap Tegar Pilih Oposisi

TOGAR Situmorang saat mengikuti Musorprov KONI Bali. foto: ist

DENPASAR – Mungkin bertujuan untuk meredam opini miring terlebih menyangkut dugaan korupsi dan sudah ada laporan masuk ke Kejati Bali, beberapa orang yang berseberangan dengan IGN. Oka Darmawan (Ketua Umum KONI Bali terpilih periode 2022-2026,-red) berusaha dirangkul dan dipinang masuk jajaran kabinet (pengurus).

Salah satunya adalah Togar Situmorang yang sempat mencalonkan diri menjadi Ketua Umum (Ketum) KONI Bali. Tapi sayang, perjuangan Togar gugur sebelum pertarungan pada agenda utama Musyawarah Olahraga Provinsi (Musorprov) KONI Bali pada 19 Maret 2022, karena terbentur persyaratannya tidak terpenuhi terutama menyangkut surat dukungan minimal mendapat 20 dari 67 pemilik hak suara.

Bacaan Lainnya

Bukan hanya itu, Togar juga tidak dibolehkan ikut Musorprov KONI Bali sekalipun dia membawa surat mandat dari Pengprov Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Bali. Sesuai aturan, yang berhak mendapat surat mandat itu adalah jajaran pengurus POSSI Bali jika ketuanya berhalangan hadir. Di sisi lain, Togar memang tidak masuk kepengurusan POSSI Bali walau ia sebenarnya masih ada kaitannya dengan cabor itu karena dirinya adalah Ketua Pengkot POSSI Denpasar.

Togar yang dibully berusaha ngotot memberi perlawanan dengan berbagai argumentasinya, tetapi advokat yang juga Pengamat Kebijkan Publik ini tetap ”diusir” oleh pimpinan sidang untuk segera meninggalkan ruangan Musorprov KONI Bali yang dilangsungkan di Gedung Wiswa Sabha, Kontor Gubernur Bali.

Baca juga :  Tiang Provider di Karangasem Abaikan Estetika

Karena tidak ada lawan alias calon tunggal, akhirnya IGN.Oka Darmawan melenggang mulus terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum KONI Bali masa bhakti 2022-2026. Sebagaimana diketahui, Oka Darmawan yang dalam periode sebelumnya sebagai Sekretaris Umum mendampingi Ketut Suwandi sebagai Ketua Umum.

Dalam periode pertama kabinet Ketut Suwandi, Oka Darmawan sudah masuk jajaran pengurus teras. Bahkan lebih jauh lagi, di era KONI Bali dipimpin Made Nariana (kini Ketua Umum KONI Badung,-red), Oka Darmawan sebagai wakil ketua membidango organisasi. Dengan kapasitasnya itu, Oka Darmawan memang layak memimpin KONI Bali.

Tapi dibalik itu, sepertinya Oka Darmawan masih membutuhkan sosok Togar Situmorang untuk dipinang masuk jajaran kepengurusan KONI Bali. Sejumlah orang yang diduga tim pemenangan Oka Darmawan mendatangi Togar di kantornya.

Hal itu dibenarkan Togar saat dikonfirmasi posmerdeka.com, Selasa (25/4/2022). Togar mengaku didatangi tim Oka Darmawan, bahkan dia menyebut satu persatu nama orang yang mendatangi dirinya di kantornya. ”Saya mau diajak masuk kepengurusan KONI Bali, padahal saya habis dibully saat Musorprov,” ucapnya via telepon.

Tapi, Togar tetap tegar pada pendiriannya, dimana ia akhirnya lebih memilih jadi oposisi alias menolak tawaran itu. Dia akan terus berjuang demi transparansi di tubuh KONI yang berimpilkasi bagi kesejahtraan atlet. Sesuai UU Keolahragaan Nasional yang baru disahkan Februari 2022, kesejahtraan atlet menjadi prioritas. Tidak saja saat berprestasi, tetapi saat para atlet pensiun. yes

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.