Golkar Optimis Rai Iswara-Selly Mantra Bersedia Dilamar, Survei Kandidasi Dimulai Akhir Juni

  • Whatsapp
Wayan Mariyana Wandhira. Foto: gus hendra
Wayan Mariyana Wandhira. Foto: gus hendra

DENPASAR – Ketua DPD Partai Golkar Denpasar, Wayan Mariyana Wandhira, seperti tak mampu menyembunyikan ekspresi senangnya saat ditanya potensi calon eksternal, AA Rai Iswara dan IA Selly Fajarini Mantra, untuk dilamar menjadi calon Golkar di Pilkada Denpasar. Dengan senyum dikulum, dia berkata dua sosok yang santer sebagai penantang potensial PDIP tersebut “merespons baik” ketika namanya dimasukkan dalam survei Golkar. “Walau samar-samar atau secara implisit, bahasa tubuhnya kami paham. Sedikit tidaknya jika dalam survei nilainya lebih tinggi dari yang lain, kiranya beliau bersedia dilamar,” tutur Wandhira semringah ditemui, Selasa (16/6/2020). 

Menurut Wandhira, sebelumnya memang ada keraguan di kalangan eksternal untuk menggunakan Golkar sebagai kendaraan politik. Namun, dengan masuknya Nasdem sebagai pelengkap syarat minimal untuk kontestasi, dia percaya diri Golkar menjadi pilihan yang menggiurkan. Alasan mengikutkan Rai Iswara dan Selly Mantra dalam survei kandidasi, dia berkata semua tokoh yang dinilai memiliki popularitas dan elektabilitas tinggi akan disurvei. Sekda Kota Denpasar, Rai Iswara, sebagai birokrat berpengalaman. Sementara Selly Mantra dinilai punya popularitas tinggi karena merupakan istri Walikota Denpasar petahana, IB Rai Dharmawijaya Mantra.

Baca juga :  Para Jro Mangku Pura Goa Lawah Terima Sembako dari Pangdam IX/Udayana

Apakah keduanya tahu ikut disurvei kelak? Sesuai norma ketimuran, terangnya, Golkar sowan ke mereka untuk minta izin dicantumkan dalam survei. Hasil survei juga akan diberi, terlepas apakah mereka akan mengambil peluang itu atau tidak jika nilainya tinggi. “Surveinya akhir Juni baru mulai, yang jelas mereka sudah tahu,” tegas Wakil Ketua DPRD Kota Denpasar itu. 

Lebih jauh diungkapkan, secara historis melihat peluang Pilkada Denpasar dengan membaca hasil Pilgub Bali 2018. Saat itu paket Rai Mantra-Sudikerta bisa menang di atas 70 persen atas Koster-Ace. Dengan estimasi 30 persen dari yang memilih Rai Mantra akan memilih paket Rai Iswara-Selly Mantra, Golkar tinggal berjuang untuk mendapat 21 persen saja. “Sekarang Golkar 18 persen, Nasdem 3 persen, tinggal berjuang itu saja,” sebutnya kalem.

Baca juga :  Mari Jalani Pola Hidup Baru dan Berdamai dengan Covid-19

Wandhira menambahkan, Golkar ingin Denpasar mendapat pemimpin berdasarkan tawaran program kerja, bukan karena dapat menyumbang apa ke partai. Pun membentuk koalisi tanpa mahar. “Jangan ulangi kesalahan sebelumnya. Kami ingin pemilih tanpa tekanan dan memilih yang menawarkan menyelesaikan persoalan,” pungkasnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, paket Rai Iswara-Selly Mantra sejak lama diincar Golkar untuk menantang hegemoni PDIP di Denpasar. Rai Iswara sempat santer disebut ingin menjadi calon Wakil Walikota lewat PDIP, tapi tidak menemui kata sepakat. Sementara Selly Mantra dilirik karena popularitasnya tinggi, mengingat selama ini aktif di masyarakat sebagai istri Walikota dan Ketua TP PKK Denpasar. hen

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.