Gebyar Tari Bali ke-13, 72 Peserta Ikuti Secara Virtual

  • Whatsapp
PENILAIAN Gebyar Tari Bali ke-13 yang dilaksanakan secara daring. Foto: adi
PENILAIAN Gebyar Tari Bali ke-13 yang dilaksanakan secara daring. Foto: adi

GIANYAR –  72 peserta dari seluruh kabupaten/kota di Bali, bahkan ada dari luar Bali (Cimahi, Bandung, Sidoarjo, Sleman, Jogjakarta dan Palangkaraya) mengikuti Gebyar Tari Bali ke- 13 tahun 2021 yang digelar Sanggar Widya Bhuana Aga Belega secara virtual, Minggu (28/2/2021). 

Materi lomba dibagi menjadi empat jenis tarian. Pertama, Tari Condong dengan peserta anak-anak berumur 8-13 tahun, yang diikuti oleh 35 peserta. Kedua, Tari Baris Tinggal 2 Babak, pesertanya anak-anak berumur 7-10 dan diikuti 14 peserta. Ketiga, Tari Kebyar Duduk untuk usia 11-15 tahun, yang diikuti 14 Peserta. Keempat, Tari Truna Jaya, pesertanya umur 15-18 tahun yang diikuti 9 peserta.

Bacaan Lainnya

Ketua Panitia Gebyar Tari Bali, Komang Elen Juniadi, mengatakan, penilaian dilakukan di Sekretariat Panitia Jl. Raya Belega No. 7 Desa Belega Kec. Blahbatuh. Juri yang dilibatkan yakni Dewa Putu Selamat Raharja, Ni Putu Eka Laksmi Dewi, dan Putu Feenny Diaristha.

Memasuki tahun ke-13 penyelenggaraan Gebyar Tari Bali, dia bertutur ada beberapa hambatan dalam penyelenggaraan, antara lain dukungan masyarakat dan instansi pemerintah yang terbatas. “Selain itu hambatan kami selanjutnya adalah permodalan. Dalam mengelola sanggar ini, dari awal kami memang berkomitmen tidak mencari laba. Kami mendirikan sanggar ini hanya untuk pelestarian seni dan budaya,” ungkapnya.

Baca juga :  Raja Sapta: 31 Atlet Berpotensi Tampil di Olimpiade Tokyo

Berbeda dengan tahun sebelumnya, penyelenggaraan tahun ini diselenggarakan secara daring, mulai dari pendaftaran, pertemuan teknis, penilaian dan pengumuman juara. Untuk para juara, hadiah bisa diambil di sekretariat panitia.

Wakil Bupati Gianyar, AA Gde Mayun, mengapresiasi pelaksanaan Gebyar Tari Bali ini. Kata dia, walaupun dengan keterbatasan dalam situasi pandemi Covid-19, kegiatan sangat baik ini dapat terlaksana. “Saya juga berharap melalui kegiatan ini lahir seniman-seniman muda berkualitas, yang mengharumkan nama Gianyar di tingkat lokal, nasional, bahkan internasional,” pesannya. adi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.