Galungan di Tengah Pandemi, Gede Dana Ajak Patuhi Prokes

  • Whatsapp
I Gede Dana. Foto: ist
I Gede Dana. Foto: ist

KARANGASEM – Ketua DPRD Karangasem, I Gede Dana, atas nama pimpinan, anggota serta seluruh staf DPRD Karangasem, mengucapkan selamat Hari Raya Galungan, Rabu (16/9) dan Kuningan, Sabtu (26/9). Pada hari yang suci itu, dia mendoakan agar semua pihak mendapat keselamatan dan kedamaian. 

Gede Dana mengatakan, Galungan dan Kuningan yang dijalani pada saat wabah Corona melanda dunia dan Bali, selaku pimpinan dia mengajak dan mengimbau seluruh masyarakat Karangasemyang beragama Hindu, untuk senantiasa mulat sarira (introspeksi diri). Pesannya adalah bagaimana merayakan Galungan dan Kuningan dengan sangat sederhana di masing-masing keluarga, banjar, dan desa adat dengan senantiasa mengikuti protokol kesehatan (prokes). 

“Saat sembahyang dengan keluarga agar mengambil waktu atau jam-jam yang bergiliran, jangan sampai berkerumun terlalu banyak. Dengan begitu esensi utama perayaan Hari Raya Galungan dan Kuningan tidak melenceng dari tuntunan ajaran agama Hindu,” ulasnya, Minggu (13/9).

Baca juga :  DPRD Bangli Singgung Penataan Pasar dan Perbup Pungutan Retribusi

Politisi PDIP asal desa Datah itu menambahkan, persembahyangan dengan mematuhi prokes itu sangat penting. Pertimbangannya, pandemi belum selesai, dan saat ini perkembangannya sangat menghawatirkan. Apalagi sekarang Kabupaten Karangasem termasuk wilayah dengan risiko tinggi. Karena itu, dia juga mengimbau seluruh masyarakat Karangasem agar tetap mengimplementasikan nilai adiluhung leluhur orang Bali.

“Mari kita tetap ingat prinsip segilik seguluk salunglung sabayantaka.  Solid bergerak bergotong royong bersama menghadapi pandemi Covid-19 ini,” ajaknya. Kata dia, semua harus bekerja sama. Sebab, tidak cukup pemerintah saja, masyarakat pun mesti ikut menjaga dengan mengikuti arahan pemerintah. “Semoga kita bisa mengurangi pandemi, dan mudah-mudahan Covid-2019 ini cepat selesai di Karangasem khususnya dan di dunia pada umumnya,” tandas politisi santun tersebut. 017

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.