Fourgriska Expo 2024: Membangun Semangat Kewirausahaan Siswa, Siapkan 12 Kelas untuk Siswa Baru, Bebas Uang Gedung dan Uang Praktek

KEPALA SMK PGRI 4 Denpasar, I Ketut Suarya, foto bersama Ketua Komite, I Gusti Bagus Wiadnyana, dan pemenang lomba kuliner serangkaian Fourgriska Expo 2024. Foto: ist
KEPALA SMK PGRI 4 Denpasar, I Ketut Suarya, foto bersama Ketua Komite, I Gusti Bagus Wiadnyana, dan pemenang lomba kuliner serangkaian Fourgriska Expo 2024. Foto: ist

POSMERDEKA.COM, DENPASAR – SMK PGRI 4 Denpasar yang beken dengan sebutan Fourgrsika selain memiliki program unggulan Fourgriska IT Competition (FITC), kini memiliki satu program unggulan lain yang menjadi trademark sekolah ini, yakni Fourgriska Expo. Fourgriska Expo 2024 berlangsung selama tiga hari sejak Senin (5/2/2024) dan ditutup Rabu (7/2/2024) oleh Kepala SMK PGRI 4 Denpasar, Drs. I Ketut Suarya, M.Pd. Acara penutupan juga dihadiri Ketua Komite SMK PGRI 4 Denpasar, Drs. I Gusti Bagus Wiadnyana, MM., M.Pd., sekaligus menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba.

Kasek Ketut Suarya mengungkapkan, gelaran Fourgriska Expo kali ini diisi dengan lomba kuliner, dance, dan band tingkat SMP negeri dan swasta se-Bali. Selain itu juga digelar education expo yang diikuti 14 perguruan tinggi di Bali.

Bacaan Lainnya

Suarya menilai, Fourgriska Expo yang menampilkan aneka produk makanan yang semua dibuat oleh siswa/siswi SMP ini, merupakan suatu kebanggaan tersendiri. Masing-masing stand menyajikan makanan yang khas, enak, dan berbeda-beda. Penampilan stand per sekolah dihias indah oleh siswa.

Lomba kuliner ini juga melibatkan juri dari Bali Chef Community (BCC). Penilaian meliputi rasa, unsur seni dan bahan yang sederhana tapi layak dijual. Semarak Fourgriska Expo makin memotivasi siswa untuk menjadi generasi yang produktif dan tidak konsumtif.

Baca juga :  Fokuskan Peningkatan Pelayanan, Perumda TAB Tabanan Target Penambahan Jumlah Pelanggan

Dijelaskan Suarya, Fourgriska Expo menjadi bagian upaya SMK PGRI 4 Denpasar untuk mengajak siswa menjadi generasi Z yang tidak konsumtif. Sebaliknya, menjadi generasi produktif melalui gerakan wirausaha, seperti kuliner. Program ini juga bisa membuat siswa mempunyai keahlian dalam manajemen keuangan agar dapat mengatur bagaimana caranya berjualan untuk menjadi enterprenuer.

Demikian juga lomba dance dan band sebagai wadah bagi remaja untuk menyalurkan hobi di bidang seni gerak dan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan penguasaan teknik bermusik dan olah vokal.  Lebih dari itu, dari tiga agenda lomba pada gelaran Fourgriska Expo ini untuk memperkenalkan kampus Fourgriska yang berlokasi di Jalan Kebo Iwa Selatan.

Suarya menyebutkan, untuk penerimaan siswa baru tahun ini menyiapkan 12 kelas untuk tiga program keahlian yaitu Akomodasi Perhotelan, Boga dan Multimedia. Bahkan peserta Fourgriska Expo diterima langsung sebagai calon siswa baru dan mendapatkan diskon khusus. Calon siswa yang mendaftar dari Januari s.d Mei 2024 dan langsung membayar uang pengembangan pendidikan diberikan diskon 30 persen. SMK PGRI 4 Denpasar juga tidak memungut uang gedung dan uang praktek, serta SPP bulannya sangat murah.

Suarya menegaskan, semua program keahlian sudah terakreditasi A. Saat ini, sekolah dilengkapi Teaching Factory “Paon Bhogi”. Tentu ini akan semakin meningkatkan mutu pendidikan SMK PGRI 4 Denpasar. Berkat tampilan berkualitas ini pula yang membuat SMK PGRI 4 Denpasar dikejar oleh masyarakat.  

Baca juga :  Proses Naturalisasi Jawato dan Prosper Masuki Tahap Akhir

Ketua Komite SMK PGRI 4 Denpasar, I Gusti Bagus Wiadnyana, menambahkan SMK PGRI 4 Denpasar kini sudah memiliki sarana dan prasarana yang lengkap. Sejak awal sekolah ini berdiri di Jalan Kebo Iwa Selatan, tahun 2006 pihaknya komitmen terus meningkatkan fasilitas sekolah. Bahkan tahun ini akan menambah lab hotel, restoran dan kitchen. Dengan begitu sarana dan prasarana sekolah semakin lengkap dan tak kalah dengan sekolah negeri. tra

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.