Dukung TPS3R, Bupati Mahayastra Serahkan 1 Truk Sampah di Singapadu

BUPATI Mahayastra (kedua dari kiri) saat menyerahkan satu unit truk sampah kepada Desa Singapadu guna mengoptimalkan peran tempat penampungan sampah berbasis reduce, reuse, dan recycle (TPS3R). Foto: ist

GIANYAR – Bertempat di Wantilan Pura Dalem Sekar Mukti Desa Singapadu, di bawah guyuran hujan, Bupati Gianyar, Made Mahayastra, menyerahkan satu unit truk sampah kepada Desa Singapadu, Jumat (6/1/2023). Truk sampah ini guna mengoptimalkan peran tempat penampungan sampah berbasis reduce, reuse, dan recycle (TPS3R).

Penyerahan armada truk diharap mampu mempercepat pengangkutan sampah di Desa Singapadu. Apalagi Mahayastra berkata di daerah maju seperti Singapadu, masyarakatnya pasti disiplin memilah sampah. “Saya yakin masyarakat di sini memiliki kesadaran tinggi untuk memilah sampah. Jadi, kalau ada pararem atau aturan desa terkait pemilahan dan pengolahan sampah, ikutilah dengan baik,” ajaknya.

Bacaan Lainnya

Dengan terbentuknya TPS3R Desa Singapadu, Mahayastra menekankan agar dapat bersinergi dengan Pusat Pangan Alami, Mandiri, Asri dan Nyaman (Puspa Aman). Hasil pupuk dari TPS3R bisa digunakan di masing-masing desa yang memiliki Puspa Aman untuk menjaga keberagaman dan ketahanan pangan.

Perbekel Desa Singapadu, I Made Budiarta, mengucapkan terima kasih atas bantuan armada pengangkut sampah itu. Bantuan tersebut dinilai dapat menopang kegiatan TPS3R Desa Singapadu yang beroperasi sejak empat bulan lalu. Selama ini, sebutnya, Desa Singapadu tidak punya truk. Pengangkutan sampah dilakukan dengan mobil pikap, sehingga sangat kewalahan, terutama sampah residu.

Baca juga :  Putus PMK, Pemotongan Bersyarat Dapat Kompensasi Rp6-8 Juta

“Sampah residu di Singapadu volumenya besar, sampai kami harus melakukan dua kali pengangkutan dalam sehari. Dengan bantuan truk ini, kami akan lebih diringankan dari segi biaya pengangkutan dan pengangkutannya pun bisa lebih cepat,” jelasnya.

Kehadiran Bupati Mahayastra disambut semringah warga Singapadu. Bendesa Singapadu, I Wayan Suteja, menyatakan mendukung program yang dijalankan Bupati Mahayastra yang sangat membantu masyarakat desa. Tak ketinggalan dia menyerahkan seberkas proposal terkait akan dilaksanakannya upacara keagamaan di Desa Adat Singapadu. adi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.