DPRD Bali Dorong Stimulus untuk Pekerja Pers

  • Whatsapp
NYOMAN Sugawa Korry. Foto: Ist
NYOMAN Sugawa Korry. Foto: Ist

PARA pekerja pers tidak luput dari dampak pandemi Covid-19 yang menyeret ke tubir kesusahan. Di sisi lain, pasokan informasi dari media kredibel dibutuhkan masyarakat agar tidak terjebak dalam gempuran informasi kurang valid. Kondisi ini menjadi satu topik dalam rapat kerja Banggar DPRD Bali dan TAPD Provinsi Bali, Selasa (7/7/2020).

Menurut Wakil Ketua DPRD Bali, Nyoman Sugawa Korry, salah satu bahasan adalah bantuan terhadap media massa yang membantu dan bekerja sama dalam penanganan Covid-19. Jika sebelumnya stimulus sudah dijalankan untuk perusahaan media, kini berkembang usulan bantuan diperluas untuk para awak media. “Bantuannya untuk rekan wartawan media massa, baik cetak, elektronik, dan online (daring) yang memenuhi ketentuan berlaku. Kami harap eksekutif bisa menindaklanjuti hal itu,” kata Sugawa usai memimpin rapat tersebut.

Bacaan Lainnya

Ketentuan berlaku dimaksud, jelasnya, antara lain pekerja pers atau jurnalis itu memiliki kartu identitas wartawan yang resmi atau diakui pemerintah. Selain itu memiliki syarat kompeten sebagai jurnalis. Hanya, dia mendaku belum ada bayangan mekanisme bantuan itu seperti apa kelak. Alasannya, yang mengatur penggunaan anggaran adalah eksekutif.  

Baca juga :  Lansia Asal Desa Undisan Meninggal Positif Covid-19

Sugawa juga belum bisa merinci di pos anggaran mana sekiranya bantuan itu akan disalurkan. Satu hal yang dia janjikan, jika Pemprov Bali sampai tidak mewujudkan hasil rapat tersebut, legislatif akan terus mengejar untuk mempertanyakan.

Disinggung apakah parlemen tidak khawatir gagasan tersebut dapat menimbulkan polemik di internal media karena pihak penerima belum jelas, Sugawa menilai yang lebih penting dilihat sekarang adalah agar eksekutif menganggarkan itu. “Yang penting kami dorong agar ada (anggarannya) dulu. (Soal estimasi nilai anggaran berapa dan berapa dialokasikan per orang) Belum, belum,” pungkas Ketua DPD Partai Golkar tersebut. hen

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.