DPR RI Siap Jembatani Diplomasi Pendidikan-Budaya NTB

  • Whatsapp
WAKIL Ketua BKSAP DPR RI, Mardani Ali Sera (kiri), saat bersama Gubernur dan Sekda NTB dalam kunjungan untuk menyerap aspirasi di daerah, Selasa (8/6/2021). Foto: ist
WAKIL Ketua BKSAP DPR RI, Mardani Ali Sera (kiri), saat bersama Gubernur dan Sekda NTB dalam kunjungan untuk menyerap aspirasi di daerah, Selasa (8/6/2021). Foto: ist

MATARAM – Badan Kerjasama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR RI berjanji membantu dan menjembatani perguruan tinggi atau universitas di NTB untuk kerjasama dengan universitas di luar negeri. Kerjasama yang akan difasilitasi di bidang penguatan SDM dan pengembangan bidang ilmu yang mampu bersaing dengan pendidikan internasional.

Wakil Ketua BKSAP DPR RI, Mardani Ali Sera, Selasa (8/6/2021) mengatakan, kedatangannya bersama para anggota DPR ke sejumlah wilayah di Indonesia, salah satunya Provinsi NTB, untuk menyerap aspirasi dan masalah yang dihadapi dunia pendidikan dan kebudayaan. “Setelah mendengar keluhan di daerah, kami akan menjembatani mereka melalui diplomasi, sehingga peran pendidikan dan kebudayaan bisa ikut memberi kontribusi di dunia global,” kata Mardani saat bertemu Gubernur NTB, serta para rektor se-NTB, di kompleks kantor Gubernur.

Bacaan Lainnya

Politisi PKS itu berkata, adanya diplomasi soft power Indonesia melalui pendidikan dan pertukaran budaya yang dimiliki para rektor, akan membantu BKSAP DPR RI membangun hubungan internasional. Terutama dalam mengembangkan berbagai bidang pendidikan dan kekayaan kearifan lokal di daerah. Dengan begitu pendidikan dan kebudayaan di Indonesia dapat dikenal luas oleh negara-negara lain.

Diplomasi lembut itu, sambungnya, harus didukung dengan potensi yang dapat bersaing dengan pendidikan di luar negeri. Salah satu tugas BKSAP, terangnya, adalah mendorong daerah-dearah di Indoneaia memiliki komunikasi dan koneksi dengan dunia internasional. Baik dalam mengembangkan dunia pendidikan maupun pertukaran budaya secara luas. “Misalnya, bukan hanya kita yang pergi belajar di luar negeri, tapi mereka juga kita dorong untuk belajar di Indonesia,” jelas politisi PKS itu.

Baca juga :  Update Covid-19 di Denpasar: Pasien Sembuh Capai 96,70%, Kasus Aktif 0,99%

Gubernur Zulkieflimansyah menyambut baik kedatangan BKSAP DPR RI untuk melihat bagaimana eksotisme Lombok dan NTB, baik kearifan lokalnya maupun penerapan dunia pendidikan di setiap kampus yang ada. “Mereka adalah senior-senior saya yang hebat. Mudah-mudahan kedatangan rombongan BKSAP DPR RI di NTB dapat membantu mengembangkan dunia pendidikan di NTB,” katanya.

Kunjungan ini merupakan kunjungan awal rombongan BKSAP untuk mendengarkan berbagai saran dan masukan dari dunia pendidikan dan budaya di NTB. Anggota Komisi I sampai X DPR RI yang tergabung dalam BKSAP akan menindaklanjuti, dan merumuskan berbagai hal, sebelum melakukan diplomasi dengan negara-negara lain. DPR RI memiliki fungsi dan tugas menjembatani hubungan diplomasi dengan negara-negara luar, terutama dalam bidang pendidikan dan pertukaran budaya di setiap daerah di Indonesia. rul

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.