Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud Apresiasi SMK TI Bali Global Badung, Sukses Cetak Orang Hebat

  • Whatsapp
PELEPASAN siswa SMK Bali Global Badung yang dilaksanakan secara daring. Foto: ist
PELEPASAN siswa SMK Bali Global Badung yang dilaksanakan secara daring. Foto: ist

MANGUPURA – Lulusan SMK TI Bali Global adalah orang hebat dan orang baik untuk Indonesia dan masa depan. Karenanya, setelah menamatkan pendidikannya berani berinovasi di tengah perubahan yang begitu pesat ini.

‘’Jadi harus berani berinovasi, jangan takut salah. Kalau salah coba lagi, coba lagi. Dalam dunia industri yang dibutuhkan adalah kompetensi bukan hanya ijazah. Aku bisa apa, bukan aku sudah belajar apa,’’ ujar Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud RI Wikan Sakarinto, PhD.,  saat melepas secara daring sebanyak 890 siswa kelas XII SMK TI Bali Global se-Bali, Sabtu (6/6).

Mantan Dekan Sekolah Vokasi UGM  itupun mengingatkan kepada siswa pelepasan ini bukan hasil akhir, tapi menuju proses selanjutnya. Ia berpesan bagi siswa yang akan melanjutkan agar meneruskan pendidikannya sebab belajar itu sepanjang hayat.

“Semakin kita belajar, semakin kita merasa harus terus belajar. Kalau kita merasa sudah belajar dan merasa pintar, yang ditemukan adalah kesesatan,” kata Wikan.

Baca juga :  Pandemi Covid-19, Dapur Umum SOS Keliling Denpasar Dukung Pemenuhan Pangan

Dirjen mengharapkan agar dengan hard skill yang dimiliki dalam bidang teknologi informasi itu, juga diimbangi pengembangan soft skill di antaranya kemampuan berkomunikasi, leadership, kemampuan presentasi dan sebagainya. Di samping itu, Wikan juga menekankan pentingnya integritas, attitude dan karakter. “Kejujuran dan kerja keras itu penting dalam meraih kesuksesan,” jelasnya.

Acara pelepasan secara daring tersebut juga diikuti Rektor ITB Stikom Bali Dr. Dadang Hermawan; Pembina Yayasan Widya Dharma Shanti Prof. Dr. I Made Bandem, MA.; Kabid SMK Disdikpora Bali, I Made Sutarjana, serta jajaran Kepala SMK TI Bali Global se-Bali. Dadang Hermawan melaporkan pelepasan kali ini yang pertama dilakukan secara daring untuk kelas XII SMK di Bali.

Dadang Hermawan merinci 890 siswa yang dilepas itu yakni SMK TI Bali Global Denpasar sebanyak 429 orang, SMK TI Bali Global Singaraja (59), SMK TI Bali Global Badung (105), SMK TI Bali Global Jimbaran Badung (114), SMK TI Bali Global Karangasem (76), SMK TI Bali Global Klungkung (23) dan SMK Bali Global Abiansemal Badung/SMK Pandawa Abiansemal (84).

Baca juga :  Bali Diyakini Tetap Jadi Daya Tarik Wisatawan Usai Pandemi Covid-19

Pembina Yayasan Widya Dharma Shanti Prof. Dr. I Made Bandem, MA., mengatakan, mengikuti protokol tatanan hidup baru menjadi hal yang baku dan seharusnya terjadi sepanjang semua dalam koridor peraturan. “Ini menjadi bagian dari sejarah kami melaksanakan pelepasan siswa secara daring, dan ini yang seharusnya terjadi di tengah situasi pandemi yang saat ini masih berlangsung,” ujar Made Bandem.

Kabid SMK Disdikpora Bali, I Made Sutarjana, juga berharap SMK TI Bali Global semakin gembilang menghasilkan lulusan berkualitas dan lulusannya mampu mengapilkasikan ilmu yang didapat, serta membantu pemerintah dalam pembangunan daerah Bali.

Setelah pelepasan secara bersama lulusan SMK TI Bali Global se-Bali, dilanjutkan dengan pelepasan di masing-masing lingkungan sekolah. Kepala SMK TI Bali Global Badung, I Made Indra Aribawa menyampaikan apresiasi dan syukur kegiatan pelepasan kelas XII di tengah pandemi Covid-19 bisa dilaksanakan secara daring.

Baca juga :  Surat Terbuka Ketua Satgas Penanggulangan Covid19 Provinsi Bali Kepada Prajuru Desa Adat se Bali

Kepada lulusan, ia berpesan agar selalu menjaga nama baik sekolah, keluarga dan diri sendiri. Saat itu, Kasek Indra Aribawa menyerahkan kembali siswa kepada perwakilan orang tua siswa secara simbolis dengan penyerahan atribut siswa.

Ketua Komite SMK TI Bali Global Badung yang hadir saat itu menyampaikan terima kasih kepada guru, staf manajemen SMK TI Bali Global Badung yang sudah memberi bekal ilmu pada anak didik. Ia mengacungkan jempol prestasi anak-anak SMK TI Bali Global Badung, sudah banyak diterima bekerja, bekerja sambil melanjutkan studi dan membuka usaha mandiri. Dalam kegiatan pelepasan ini juga sekaligus diumumkan juara umum masing-masing jurusan di SMK TI Badung yaitu jurusan RPL, MM dan TKJ. tra

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.