Bupati Suwirta Dukung Pembangunan Subak Gombeng Nyalian

  • Whatsapp
BUPATI Suwirta meninjau pengerjaan jalan Subak Gombeng, Desa Nyalian, Kecamatan Banjarangkan, Selasa (13/10/2020). Foto: ist
BUPATI Suwirta meninjau pengerjaan jalan Subak Gombeng, Desa Nyalian, Kecamatan Banjarangkan, Selasa (13/10/2020). Foto: ist

KLUNGKUNG – Mempermudah akses menuju persawahan, krama Subak Gombeng, Desa Nyalian, Banjarangkan membangun jalan secara swadaya. Pembangunan jalan ini mendapat dukungan Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta, yang menyumbang 75 sak semen. Suwirta sempat meninjau pengerjaan jalan tersebut, Selasa (13/10/2020) didampingi Kepala Dinas PU Klungkung, AA Lesmana; Camat Banjarangkan, I Dewa Komang Aswin; Perbekel Desa Nyalian, Cokorda Gede Agung Maha Putra; serta Kelian Subak Gombeng Kelod, I Wayan Mustika.

Saat meninjau, Suwirta menelusuri sawah yang dipadati lumpur dengan luas 144 hektar. Setelah melihat lokasi, dia mengapresiasi semangat krama subak yang bergotong royong membangun akses jalan tersebut. Dia juga memuji pemilik sawah yang merelakan sekian meter sawahnya digunakan untuk akses jalan, sehingga nanti bisa dikembangkan menjadi desa wisata. “Sawah ini tidak hanya menghasilkan padi maupun bunga, tapi bisa dimanfaatkan untuk potensi pariwisata,” jelasnya.

Bacaan Lainnya

Suwirta menambahkan, potensi ini agar segera dikonsep siapa yang mengelola. Hanya, dia berharap Bumdes yang mengelola, agar kelak desa wisata tersebut benar-benar dimiliki desa. Dalam pengembangan desa wisata ini, terangnya, konsep harus bervariasi agar tidak menyamai konsep desa wisata lainnya.

Baca juga :  Organisasi Hindu NTB Serukan Pilkada Damai

“Yang jelas saya dukung penuh kegiatan ini. Mari jaga semangat gotong royong dengan tetap mengikuti protokol kesehatan seperti jaga jarak, memakai masker, dan rajin mencuci tangan untuk menghindari penyebaran Covid-19,” ajaknya kepada krama subak.

Kelian Wayan Mustika menambahkan, tujuan proses pengerjaan akses jalan ini untuk memperlancar perekonomian para petani. Di samping itu, jelasnya, juga untuk menunjang sarana-prasarana fasilitas agrowisata yang masih dibangun Subak Gombleng. Proyek dikerjakan secara swadaya gotong-royong oleh krama subak.

Selain sumbangan semen dari Bupati, masing-masing anggota subak menyumbang 1 sak semen ditambah 10 truk pasir. Jumlah anggota sebanyak 490 orang dengan luas subak 144 hektar. “Terima kasih Bapak Bupati atas dukungannya yang penuh semangat untuk krama Subak Gombleng,” sebutnya. 022

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.