Bupati Sedana Arta Luncurkan Aplikasi Bangli 1 Data

  • Whatsapp
BUPATI Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta, Selasa (17/8/2021) meluncurkan aplikasi bernama “Bangli 1 Data”. Foto: ist
BUPATI Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta, Selasa (17/8/2021) meluncurkan aplikasi bernama “Bangli 1 Data”. Foto: ist

BANGLI – Bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta, Selasa (17/8/2021) meluncurkan aplikasi bernama “Bangli 1 Data”. Aplikasi ini merupakan sistem informasi dashboard eksekutif terintegrasi dengan semua aplikasi OPD, yang dapat dijadikan sumber data dalam mengambil keputusan oleh Bupati, Wakil Bupati, Ketua DPRD, Sekda dan pimpinan OPD.

Sedana Arta menyampaikan, “Bangli 1 Data” ini merupakan inovasi untuk pelayanan masyarakat dalam mengintegrasikan data OPD. Ini akan menjadi Big Data Bangli yang dapat dikelola di datawarehouse, dan menghasilkan informasi dalam bentuk angka, grafik, serta analisa data. “Ini dapat dijadikan salah satu sistem pendukung dalam mengambil keputusan,” jelasnya.

Bacaan Lainnya

Untuk mencapai sebuah kemajuan, sebutnya, semua orang wajib berinovasi. Inovasi dimaksud yakni inovasi untuk berani melakukan sesuatu yang baru tapi tetap mengacu aturan. Gagal bukan alasan untuk berhenti berinovasi, justru sebaliknya gagal tetapi terus mencoba adalah langkah menuju kemajuan.

Data yang masuk, sambungnya, harus disinkronkan dengan data di masing-masing OPD, terutama data dari Dinsos yang menyangkut data kemiskinan dan pengangguran akan dimutakhirkan lagi. Jika situasi membaik, imbuhnya, akan dikerahkan seluruh OPD untuk turun mencari data ke desa-desa yang benar-benar menjadi keputusan masing-masing banjar. Dengan begitu jika ada bantuan, tidak ada lagi salah sasaran. 

Baca juga :  Bupati Made Gianyar Pertama Divaksin di Bangli

Kepada jajarannya, Sedana Arta minta untuk menyederhanakan semua bentuk data, dan data harus dibuat  akurat. “Jika ingin maju, jangan mempersulit yang mudah, tapi harus mempermudah yang sulit. Bila nanti sudah dalam keadaan new normal, akan dilaksanakan gerakan secara masif untuk mencari data yang valid,” pungkasnya. gia

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.