Bupati Dana Apresiasi Catatan dari DPRD Karangasem

BUPATI Karangasem, I Gede Dana. Foto: ist

KARANGASEM – Sejumlah catatan disematkan dalam rapat paripurna atas Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Karangasem tahun 2021, Senin (18/4/2022).

Menanggapi catatan itu, Bupati Karangasem, I Gede Dana, Rabu (20/4/2022) menyampaikan terima kasih atas pembahasan dan rekomendasi yang diberikan DPRD terhadap LKPJ.

Bacaan Lainnya

Catatan strategis yang disampaikan legislatif dimaknai sebagai pemicu eksekutif untuk bisa berbuat dan bekerja lebih baik dan serius. “Saya sebagai Bupati mengucapkan terima kasih atas catatan-catatannya,” ujar Dana.

Lebih lanjut dikatakan, dalam melaksanakan program dan kebijakan, dia tidak boleh keluar dari aturan dan mekanisme. Sebab, tentu dasar dia melaksanakan sesuai aturan, tidak berani keluar dari sistem mekanisme.

Selain itu, menyesuaikan anggaran yang dimiliki. Program boleh banyak dibuat, tapi jika tidak punya anggaran maka harus diprioritaskan mana yang menjadi skala prioritas.

“Kalau ada yang tidak prioritas ya mohon ditunda dulu, mohon bersabar dulu. Nanti kalau sudah uang cukup, ayo kita bangun,” terangnya.

Mengenai pokok-pokok pikiran (pokir) Dewan, dia berkata tidak hanya yang di bawah 200 juta. Pokir itu bisa usulan jalan yang nilainya sampai Rp2 miliar, dan itu juga dipenuhi. Bedah rumah juga sudah dipenuhi. “Pokir ini sesuai dengan aspirasi,” sambungnya.

Baca juga :  Meningkatkan Literasi Digital Lewat Kelas Cakap Digital

Terkait pensiun guru di Karangasem yang berjumlah 800-an, Dana menyebut selalu mengajukan ke pemerintah pusat untuk penambahan guru. Masalahnya, ke pusat juga tidak gampang dipenuhi.

Karena itu dia harus menata dari sekarang jangan sampai anak-anak tidak mendapat pendidikan. “Kalau tidak diberikan oleh pusat, kami akan kontrak daripada anak-anak kami tidak dapat pendidikan,” ulasnya.

“Kami terus berupaya dari P3K, dari CPNS, kalau tidak bisa ya dari kontrak. Kami juga memiliki pikiran untuk menggabung sekolah yang jumlah yang jumlah muridnya sedikit, sehingga guru-guru ini bisa digabung juga,” tandasnya. nas

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.