BPBD Bangli Petakan Titik Rawan Longsor

  • Whatsapp
KASI Logistik dan Kedaruratan BPBD Bangli, I Ketut Agus Sutapa. Foto: gia
KASI Logistik dan Kedaruratan BPBD Bangli, I Ketut Agus Sutapa. Foto: gia

BANGLI – Hujan deras disertai angin kencang di wilayah Kecamatan Kintamani mengakibatkan tanah longsor dan pohon tumbang. Meski tidak ada korban jiwa, tapi kerugian material akibat bencana tersebut diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah. Hal tersebut disampaikan Kasi Logistik dan Kedaruratan BPBD Bangli, I Ketut Agus Sutapa, Kamis (4/2/2021).

Lebih lanjut disampaikanhujan deras disertai angin kencang dan petir sejak awal Januari sampai awal Februari ini menghadirkan 12 laporan titik bencana. Kebanyakan di Kecamatan Kintamani, di antaranya kebakaran di tiga lokasi, tanah longsor disertai pohon tumbang di lima lokasi, banjir bandang di tiga lokasi, dan satu musibah orang disambar petir.

Bacaan Lainnya

Sutapa menyampaikan, hujan deras yang mengguyur wilayah Bangli beberapa hari belakangan ini memang memicu terjadinya longsor. Instansinya melakukan pemantauan terhadap titik-titik yang dinilai rawan tanah longsor. “Sementara ini akibat hujan deras yang sering mengguyur untuk Bangli masih cukup aman terkendali,” ujarnya

Yang dipantau, terangnya, yakni dekat permukinan warga. Jika dekat jalan terjadi longsor akan berdampak terganggunya arus lalu lintas. Sementara di dekat permukinan warga akan berdampak korban material dan jiwa. Karena itu dia selalu mengimbau masyarakat yang bermukim di dekat tebing untuk selalu waspada.

Baca juga :  Jumat Sore, Ketua Umum PSSI dan Shin Tae-yong Bakal Bicara Empat Mata

Jika terjadi hujan deras lama, warga yang rumahnya dekat tebing diminta sementara mengungsi ke lokasi lebih aman. Selain itu, mengingat datangnya bencana sulit diprediksi, BPBD menyarankan warga bisa langsung melapor ke BPBD untuk dilakukan penangan. gia

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.