Bina Keluarga Remaja untuk Wujudkan Generasi yang Terencana

  • Whatsapp
ORIENTASI kader Bina Keluarga Remaja (BKR) di Kantor Perwakilan BKKBN Provinsi Bali, Kamis (12/11/2020). Foto: ist
ORIENTASI kader Bina Keluarga Remaja (BKR) di Kantor Perwakilan BKKBN Provinsi Bali, Kamis (12/11/2020). Foto: ist

DENPASAR – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Bali menyelenggarakan orientasi bagi kader Bina Keluarga Remaja (BKR) di Kantor Perwakilan BKKBN Provinsi Bali, Kamis (12/11/2020). 

Orientasi ini diikuti 30 kader yang terdiri dari pengelola program BKR kabupaten/kota dan Kadel BKR Lokus ProPN kabupaten/kota se-Bali. Orientasi ini berjalan dengan protokol kesehatan yang ketat.

Bacaan Lainnya

Kepala BKKBN Provinsi Bali, Agus P Proklamasi, menyampaikan, bahwa pembinaan ketahanan remaja yang diusung BKKBN di desain menjadi bagian dari kebijakan pembangunan keluarga yang sesuai dengan siklus hidup. 

“Tujuan BKR ini adalah untuk menyiapkan remaja sebagai calon penduduk usia yang produktif agar mampu menjadi pelaku pembangunan, serta remaja sebagai calon orang tua agar mampu membangun keluarga berkualitas sehingga melahirkan generasi yang juga berkualitas,” ulasnya.

BKKBN dia bilang memiliki ikon Generasi Berencana (GenRe) merupakan representasi dari remaja yang memiliki perencanaan dalam mempersiapkan dan melewati lima transisi kehidupan remaja, yaitu mempraktikkan hidup bersih dan sehat, melanjutkan pendidikan, memulai berkarir, menjadi anggota masyarakat yang baik, serta membangun keluarga yang berkualitas. 

Agus juga menambahkan bahwa dalam pembinaan ketahanan remaja, para remaja ditingkatkan pengetahuan dan pemahamannya oleh teman sebayannya di PIK-R melalui pendidikan sebaya serta kualitas pengasuhannya (parenting) oleh orang tua melalui peran kader di kelompok BKR. 

Baca juga :  Siswa Dirumahkan, Orang Tua Diimbau Awasi Anak

“PIK-R Remaja dan BKR merupakan implementasi upaya pembinaan ketahanan remaja melalui pendekatan teman sebaya (peer group) dan keluarga (parenting). Agar tujuan dalam mewujudkan generasi remaja yang berkualitas maka diperlukan upaya-upaya strategis salah satunya dengan mengadakan kegiatan orientasi bagi Kader BKR ini,” ujarnya menjelaskan.

Kegiatan dalam program BKKBN Bangga Kencana melalui ketahanan keluarga ini tetap berjalan walaupun dalam kondisi pandemi Covid-19. Perwakilan BKKBN Bali telah mengupayakan melaksanakan kegiatan yang berbasis daring seperti webinar, promosi program melalui media radio, televisi dan sosial media serta memproduksi videografis sebagai media sosialisasi. 019

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.