Berbahaya! Ditimbun Endapan Lumpur, Jalan Buahan-Terunyan Bergelombang

  • Whatsapp
ENDAPAN lumpur yang dibawa air hujan membuat ruas jalan dari Desa Buahan-Desa Terunyan jadi bergelombang. Foto: gia
ENDAPAN lumpur yang dibawa air hujan membuat ruas jalan dari Desa Buahan-Desa Terunyan jadi bergelombang. Foto: gia

BANGLI – Bencana tanah logsor beberapa bulan lalu di wilayah Kintamani masih menyisakan masalah. Selain menyebabkan kerusakan sejumlah fasilitas umum, endapan lumpur yang dibawa air hujan juga membuat ruas jalan dari Desa Buahan-Desa Terunyan jadi bergelombang. Kondisi ini dikeluhkan warga karena sangat berbahaya bagi pengendara.

Jro Jaksa, salah seorang tokoh masyarakat Desa Terunyan, Kintamani, Selasa (20/4/2021) menuturkan, endapan lumpur dari kawasan perbukitan itu menggerus lahan pertanian warga dan menimbulkan persoalan baru.

Bacaan Lainnya

Endapan lumpur itu juga salah satu penyebab  terjadinya pendangkalan danau. “Endapan tanah bercampur kerikil disebabkan longsoran bukit di sekitar danau. Longsoran material berupa batu, tanah, pasir yang hanyut dan mengendap membuat jalan jadi bergelombang,” jelasnya.

Lebih lanjut disampaikan, ada sejumlah ruas jalan yang terdapat endapan lumpur cukup tebal. Yang paling parah terdapat di perbatasan Desa Buahan dengan Desa Abang Batudinding. Karena bergelombang, jalan tersebut menjadi rawan kecelakaan, dan mobil atau sepeda motor yang melintas jadi cepat rusak.

Selain membahayakan para pengendara motor, kata dia, jalan bergelombang ini juga dikeluhkan para pengemudi mobil, khususnya pemilik pikap. Sebab, kendaraan ini sering mengangkut beban berat saat dipakai mengangkut hasil bumi ke pasar, meski ada angkutan umum minibus Damri milik Dishub dengan rute Bangli-Terunyan.

Baca juga :  Gubernur Koster Minta Masyarakat Bali Tidak Panik Soal COVID-19

“Beberapa pemilik kendaraan pikap mengeluhkan kendaraannya cepat rusak. Makanya mereka minta kami untuk menyuarakan siapa mestinya bertanggung jawab atas kondisi tersebut,” tambahnya.

Dia dan warga berharap ada perhatian pihak terkait agar jalan tersebut segera dibersihkan. Dengan demikian, warga bisa aman dan nyaman saat melintasi ruas jalan tersebut. “Kami harap jalan ini segera dibersihkan pihak terkait dari material, agar keamanan dan kenyamanan terjamin,” pintanya. gia

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.