Bawaslu Bangli Uji Petik Akurasi DPB

BAWASLU Bangli saat uji petik pemilih pemula DPB dari KPU Bangli. Foto: ist

BANGLI – Bawaslu Bangli melangsungkan uji petik data Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) selama dua hari pada Senin (21/3) dan Selasa (22/3/2022). Uji petik dilaksanakan di empat kecamatan dengan mengambil 51 sampel data pemilih di beberapa kelurahan/desa.

Berdasarkan data, uji petik di Kecamatan Bangli mengambil sampel di Kelurahan Cempaga, Desa Pengotan dan Landih. Di Kecamatan Susut mengambil lokasi di Desa Sulahan, Penglumbaran, dan Tiga. Untuk Kecamatan Kintamani di Desa Sukawana dan Awan, sedangkan untuk Kecamatan Tembuku mengambil sampel di Desa Yangapi, Peninjoan dan Tembuku.

Bacaan Lainnya

Ketua Bawaslu Bangli, I Nengah Purna, mengatakan, pelaksanaan uji petik kali ini menurunkan seluruh komisioner serta staf Sekretariat Bawaslu Bangli. “Sampel data pemilih yang digunakan adalah pemilih pemula,” jelas Kordiv Sumber Daya Manusia dan Organisasi Bawaslu Bangli itu.

Lebih jauh diutarakan, lembaganya seoptimal mungkin dalam meningkatkan kualitas DPB yang dimutakhirkan KPU Bangli. Caranya dengan melakukan uji petik terhadap beberapa sampel data pemilih, untuk memastikan data pemilih yang terdapat dalam DPB benar-benar akurat dan valid sesuai fakta di lapangan.

Untuk pelaksanaanya, Bawaslu mendatangi kepala desa/lurah sampai aparat pemerintah paling bawah, dalam hal ini kepala wilayah atau kepala lingkungan setempat. Bila dipandang perlu, bisa sampai ke keluarga bersangkutan. “Tujuannya untuk selanjutnya dikoordinasikan dan divalidasi terkait kebenaran data tersebut,” terang komisioner asal Desa Pengotan itu.

Baca juga :  Tiga Tim Unggulan Grup Neraka Tetap Lolos, Portugal Ulangi Skenario 5 Tahun Silam

Dia menegaskan, setelah melalui uji petik yang mengambil sebanyak 51 sampel data pemilih pemula ini, dapat dipastikan data DPB yang dimutakhirkan KPU Bangli telah sesuai dengan fakta di lapangan. hen

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.