Bantu Atasi Krisis Darah, Dulang Mangap Bentuk PDDI

DONOR darah yang dilakukan sela-sela Pelantikan Unit Pengurus Perhimpunan Donor Darah Indonesia (PDDI) unit Dulang Mangap Bali di Wantilan Jaba Pura Ratu Pasek Linggih Ida Bethara Mpu Gana Punduk Dawa Sabtu (9/4/2022). Foto: ist
DONOR darah yang dilakukan sela-sela Pelantikan Unit Pengurus Perhimpunan Donor Darah Indonesia (PDDI) unit Dulang Mangap Bali di Wantilan Jaba Pura Ratu Pasek Linggih Ida Bethara Mpu Gana Punduk Dawa Sabtu (9/4/2022). Foto: ist

KLUNGKUNG – Sejak pandemi Covid-19 melanda salah satu yang terdampak adalah penyediaan darah dari donor. Akibat berbagai pembatasan terkait Covid-19, masyarakat maupun petugas kesulitan mengumpulkan pendonor. Sehingga kerap kali terjadi kelangkaan stok darah.

“Padahal setetes darah sangat berarti karena dapat menyelamatkan kehidupan, sehingga kami berupaya membantu dengan membentuk perkumpulan pendonor,’’ ungkap Ketua Jagabaya Dulang Mangap Bali, Kadek Agus Suartana.

Bacaan Lainnya

Hal tersebut diungkapkan di sela-sela Pelantikan Unit Pengurus Perhimpunan Donor Darah Indonesia (PDDI) unit Dulang Mangap Bali di Wantilan Jaba Pura Ratu Pasek Linggih Ida Bethara Mpu Gana Punduk Dawa Sabtu (9/4/2022).  Pelantikan dipimpin langsung Ketua PDDI Bali Ketut Pringgantara serta dihadiri dihadiri semeton Maha Gotra Pasek Sanak Sapta Resi (MGPSSR) Bali dan kabupaten/kota, Jagabaya Pasek Pusat, dan juga salah satu penasehat Jagabaya Dulang Mangap yang juga anggota DPR RI, Nyoman Parta.  Tak kurang 100 kantong darah terkumpul dalam kegiatan donor darah yang menjadi puncak peringatan ulang tahun ke-5 Dulang Mangap Bali.

Ditambahkannya pembentukan PDDI sebagai wujud kepedulian Dulang Mangap pada aspek kemanusiaan di mana saat ini kerap terjadi kekurangan stok darah. Apalagi sesuai motto Dulang Mangap yaitu satya ring sesana lan wirang ring semeton, yang bermakna bahwa Dulang Mangap berani membela atau bekerja untuk kemanusiaan, jelasnya. “Pembentukan PDDI ini juga menegaskan bahwa organisasi Jagabaya bukan organisasi ekslusif yang dibentuk hanya untuk kepentingan semeton pasek semata, namun juga untuk semua kalangan,”jelas pengacara asal Klungkung ini.

Baca juga :  Deklarasi “Gerakan Jaga Alam dan Air”, Dandim Tabanan Luncurkan Pompa Hidram di Angligan-Jagasatru

Alumni hukum Universitas Pendidikan Nasional ini berharap berbagai kiprah Dulang Mangap serta perluasan ladang pengabdian ini akan bermanfaat bagi masyarakat luas.

Sementara itu, Ketua PDDI Bali, Ketut Pringgantara, menyampaikan apresiasi kepada Jagabaya Dulang Mangap. “Komunitas sebesar Dulang Mangap mau ikut andil dalam pengabdian sosial semacam ini tentu akan sangat berarti bagi kami,’jelasnya.

Pihaknya mengajak seluruh jajaran pengurus dan anggota Dulang Mangap se-Bali tidak hanya aktif mendonorkan darahnya, namun juga ikut dalam sosialisasi dan edukasi tentang pentingnya kegiatan donor darah.

“Karena menjadi pendonor tidak hanya bisa menyelamatkan kehidupan namun juga baik bagi kesehatan kita sendiri,” tegas Pringgantara.

‘’Karena darah yang didonorkan akan digantikan dengan sel darah baru sehingga kita akan lebih sehat,’’ imbuhnya.

Pihaknya optimis jika seluruh jajaran Dulang Mangap bergerak untuk kemanusiaan dan peduli pada sesama, khususnya dalam penyediaan donor darah, maka ketersediaan darah akan meningkat.

Serangkaian peringatan ulang tahun ke-5 dihelat beragam kegiatan yang telah dimulai sejak 20 Maret 2022. Di antaranya, kegiatan bhakti sosial ke panti asuhan dan panti sosial oleh Jagabaya Dulang Mangap se-Bali, mereresik ring pura, penghijauan, kegiatan peduli hewan di Alas Kedaton serta kegiatan sosial lainnya. Puncaknya diperingati Sabtu (9/4/2022) di Wantilan Jaba Pura Ratu Pasek Linggih Ida Bethara Mpu Gana Punduk Dawa. tra/rls

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.