Nambah Terus dan Menumpuk, Kesemrawutan Kabel Mirip Jemuran Rusak Estetika Kota Denpasar

KABEL udara di Kota Denpasar semakin semrawut seiring terus bertambahnya jumlah pelanggan internet. Saling bertumpuk dan terus bertambah. Foto: ist
KABEL udara di Kota Denpasar semakin semrawut seiring terus bertambahnya jumlah pelanggan internet. Saling bertumpuk dan terus bertambah. Foto: ist

DENPASAR – Kabel udara di Kota Denpasar semakin semrawut seiring terus bertambahnya jumlah pelanggan internet. Saling bertumpuk dan terus bertambah. Bahkan, sebagian kabel menjuntai ke bawah. Terlebih sejak pandemi Covid-19, kebutuhan jaringan internet warga melonjak.

‘’Kabel listrik malang melintang menghilangkan citra estetik wajah perkotaan Denpasar,’’tulis pengamat tata ruang, Prof. Putu Rumawan Salain dalam akun facebook-nya.

Bacaan Lainnya

Tulisan Guru Besar Unud ini pun mendapat sejumlah tanggapan. Di antaranya dari @Agung Adi Narayana yang menyebut “Tak pernah ada koordinasi diantara mereka”. Berikutnya @Sulantra Nyoman di kolom komentar menulis ‘’Teknologi tanpa rasa akan menghilangkan seni teknologi….belum lagi kabel internetnya..aruhhhhh jeg care sabang kekawa’’.

Prof. Rumawan Salain saat dihubungi, Minggu (10/4/2022) mengatakan, kesemrawutan kabel di Kota Denpasar yang mirip tali jemuran, selain tak enak dipandang, juga bisa membahayakan masyarakat, khususnya pengguna jalan. “Apalagi denyut aktivitas warga Kota Denpasar yang selalu hidup 24 jam,” ujarnya.

Ditegaskan, dirinya berharap kiranya Pemerintah Kota Denpasar supaya memperhatikan  kondisi tersebut ke pihak-pihak terkait. Menurutnya, pemasangan kabel tersebut sangat merusak keindahan dan estetika Kota Denpasar yang memiliki tagline Kota Berwawasan Budaya.

‘’Pemerintah Kota Denpasar, seharusnya memperhatikan kabel-kabel yang dipasang dengan asal-asalan oleh perusahaan. Jangan sampai ada kesan Pemerintah Kota Denpasar, diatur oleh para perusahaan, kabel ini seperti tali jemuran tak beraturan. Kabel ini sangat merusak estetika Kota Denpasar,’’ lugasnya.

Baca juga :  Nyoblos Bareng Keluarga, Gede Dana Optimis Karangasem Era Baru Terwujud

Menyikapi hal tersebut, Pemerintah Kota Denpasar diharapkan mengambil tindakan tegas kepada perusahaan pemasangan kabel yang tak beraturan dan semrawut. ‘’Pemerintah harus tindak tegas, kalau itu tak diindahkan oleh perusahaan, saatnya ambil sikap,’’ ujarnya memungkasi. tra

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.