Antisipasi Penyalahgunaan Narkoba, 235 ASN Disdikpora Buleleng Dites Urine

  • Whatsapp
KEGIATAN tes urine digelar BNNK Buleleng menyasar ratusan ASN di lingkup Disdikpora Buleleng, Senin (20/12/2021). Foto: ist

BULELENG – Sebanyak 235 Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Buleleng dan satuan pendidikan negeri menjalani tes urine pada Senin (20/12/2021).

Tes urine yang dilakukan oleh Badan Nasional Narkotika Kabupaten (BNNK) Buleleng ini merupakan salah satu bentuk aksi dalam mencegah penyalahgunaan narkoba di dunia pendidikan.

Bacaan Lainnya

Kepala Disdikpora Buleleng, Made Astika, mengatakan, kegiatan tes urine adalah tindak lanjut dari pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika (P4GN).

‘’Karena kami terkendala masalah anggaran, makanya kami baru bisa melakukan deteksi terhadap 235 personel saja. Itu kami sasar dulu. Mudah-mudahan dengan tonggak kegiatan ini, ke depan kami berani menjaminkan bahwa di lingkup Disdikpora bebas dari narkotika,’’ kata Astika.

Asisten Administrasi Umum Setda Buleleng, Nyoman Genep, mengakui, dari informasi BNNK Buleleng, di lingkup Pemkab Buleleng sudah ada teridentifikasi. Situasi ini dinilai berbahaya, apalagi ASN sebagai pendidik dan pembina generasi muda diharapkan bebas dari narkoba.

’’Saya mengajak seluruh ASN untuk bersama-sama memberantas narkoba. Mari bersama-sama perangi narkoba, sehingga dapat menyelamatkan generasi bangsa dan negara,’’ ujar Genep dalam kegiatan itu.

Baca juga :  Layanan Tes Antigen Kini Menjamur di Badung, Kadiskes Janji Lakukan Penertiban

Salah seorang peserta tes urine, Nyoman Sutama yang menjabat sebagai Kabid PSMP Disdikpora Buleleng menyambut baik kegiatan ini. ‘’Kegiatan ini penting menurut saya, apalagi masa yang sekarang ini penggunaan narkotika sangat marak terjadi,’’ ucap Sutama.

Kepala BNNK Buleleng, AKBP Gede Astawa, menjelaskan, berdasarkan Instruksi Presiden RI No. 2 Tahun 2020 setiap aparatur pemerintah harus melakukan kegiatan P4GN. Antara lain dengan memberikan sosialisasi seperti yang dilakukan Disdikpora Buleleng.

Dia berharap agar SKPD lainnya segera menyusul melakukan kegiatan ini. ‘’Seluruh aparatur pemerintah harus melaksanakan P4GN,’’ pungkas AKBP Astawa. rik

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.