Air PDAM Denpasar Ngadat, Jaya Negara Intruksikan Tambah Mobil Tangki

  • Whatsapp
WAWALI Denpasar, IGN Jaya Negara (kelima dari kanan) bersama Komisi II DPRD Kota Denpasar saat meninjau IPA Belusung, Rabu (10/2/2021). foto: ist

DENPASAR – Gangguan pendistribusian air bersih yang terjadi belakangan ini dirasakan masyarakat di beberapa wilayah Kota Denpasar, Bali. Terkait hal itu, Wakil Wali (Wawali) Kota Denpasar, IGN Jaya Negara, terjun langsung bersama Komisi II DPRD Kota Denpasar untuk meninjau kondisi lapangan di Instalasi Pengolahan Air (IPA) Belusung, Peguyangan Kaja, Rabu (10/2/2021).

Rombongan Komisi II DPRD Kota Denpasar dipimpin Ketua Komisi, I Wayan Suadi Putra, bersama beberapa anggotanya. Tampak hadir Dirut Perumda Air Minum Tirta Sewakadarma Kota Denpasar, IB Gede Arsana, bersama jajaran direksi.

Bacaan Lainnya

Dalam kesempatan tersebut, Wawali Jaya Negara menjelaskan bahwa kondisi cuaca saat ini memang membuat proses produksi mengalami gangguan. Hal ini lantaran terowongan air dan intake yang tertimbun pasir.

“Tadi kita bersama-sama Komisi II DPRD Kota Denpasar sudah menyaksikan langsung kendala di lapangan, sehingga kita sudah rancang kebijakan jangka pendek dan jangka menengah,” ujarnya.

Jaya Negara menjelaskan, untuk jangka pendek sebagai upaya memenuhi kebutuhan pelanggan Perumda Tirta Sewakadarma, maka distribusi air minum menggunakan mobil tangki akan digenjot.

“Untuk jangka pendek kami sudah instruksikan direksi Perumda untuk menambah mobil tangki air, yang mulanya hanya 4 mobil tangki kini ditambah menjadi 10 tangki, sehingga kebutuhan pasokan air di masyarakat dapat dimaksimalkan,” katanya.

Baca juga :  Lagi, Satu Pasien Corona di Buleleng Meninggal

Ketua Komisi II, Suadi Putra, meminta jajaran Perumda Tirta Sewakadarma harus segera membuat terobosan baik yang bersifat jangka pendek, menengah maupun jangka panjang.

“Pelayanan masyarakat yang bersifat mendasar jangan sampai terhenti, harus punya perencanaan, inovasi dan solusi mengatasinya. Sekarang zaman sudah modern, kan bisa menggunakan teknologi,” tegasnya.

Dia menambahkan, untuk jangka pendek, kebutuhan air bersih harus segera teratasi dengan suplai melalui mobil tangki. ‘’Kalau keterbatasan armada kan bisa dengan cara menyewa atau meminta bantuan ke instansi lain yang mempunyai armada mobil tangki,” ujar Suadi Putra.

Sementara itu, IB Gede Arsana mengatakan, seluruh petugas operasional sudah berupaya melaksanakan tugas siang dan malam. Akan tetapi, lantaran faktor alam kondisi cuaca dengan hujan lebat mengakibatkan air sungai keruh serta berpasir sehingga membuat proses produksi terganggu.

“Jadi, kami mohon permakluman. Jika cuaca bersahabat, maka sesegera mungkin gangguan operasional pendistribusian air bersih bisa segera mengalir,” ucapnya.

Sebagai upaya pelayanan jangka panjang, lanjut dia, Perumda bakal melaksanakan pembangunan kanal untuk memaksimalkan produksi air minum di IPA Belusung.

Selain itu, pembangunan sumur bor dan reservoar yang terus digenjot. Arsana memastikan bahwa buah pemikiran jangka pendek dari Wakil Wali Kota dan Komisi II DPRD Denpasar akan segera dilaksanakan.

“Terkait penambahan armada truk tangki sudah kami atensi, dan sore ini (kemarin, red) akan mulai beroperasi dengan sinergi lintas sektor. Semoga dengan penambahan tangki air ini, kebutuhan air di masyarakat dapat dipenuhi,” pungkasnya. rap

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.