18 TPS di Buleleng Alami ”Blank Spot”

DINAS Kominfosanti Buleleng meninjau TPS yang mengalami blank spot. Foto: ist
DINAS Kominfosanti Buleleng meninjau TPS yang mengalami blank spot. Foto: ist

POSMERDEKA.COM, BULELENG – Sebanyak 18 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten Buleleng terpantau mengalami kekosongan sinyal internet atau blank spot. 18 TPS yang mengalami blank spot meliputi empat TPS di Desa Gesing, dua TPS di Desa Sidetapa, tiga TPS di Desa Depeha, tiga TPS di Desa Les, satu TPS di Desa Penuktukan, satu TPS di Desa Sambirenteng, dan empat TPS di Sembiran. Menindaklanjuti temuan itu, Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian, dan Statistik (Kominfosanti) Kabupaten Buleleng melaksanakan upaya penguatan sinyal.

“Kami sudah turun langsung bersama jajaran untuk melaksanakan monitoring dan evaluasi di 18 TPS yang mengalami blank spot. Jadi, nanti saat pencoblosan tidak ada kendala,” kata Kepala Dinas Kominfosanti Buleleng, Ketut Suwarmawan, Minggu (11/2/2024).

Bacaan Lainnya

Dia memaparkan, selain faktor topografi di balik pegunungan dan perbukitan yang berada di luar jangkauan sinyal internet, kekurangan pemancar sinyal dari penyedia layanan (provider) internet di TPS tersebut juga menjadi penyebab terjadi blank spot. Dia berkoordinasi dengan Kementerian Kominfo dan sejumlah provider internet untuk melakukan optimalisasi sinyal di TPS yang mengalami blank spot tersebut.

“Permohonan sudah dilayangkan melalui surat resmi. Tidak hanya untuk optimalisasi di titik blank spot, juga menjaga sinyal agar tetap stabil,” ungkapnya.

Baca juga :  Longsor di Busungbiu, Satu Rumah dan Mobil Rusak

Lebih jauh diutarakan, instansinya akan menugaskan jajaran staf untuk tetap berada di wilayah yang kategori kekurangan sinyal internet selama pelaksanaan Pemilu. Tujuannya agar bisa segera bisa ditindaklanjuti jika terjadi permasalahan koneksi internet saat tahapan rekapitulasi suara. edy

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.