11 Januari 2021, “Pengabenan” Wayan Wirasa

  • Whatsapp
JENAZAH I Wayan Wirasa disemayamkan di rumah duka Banjar Bangah, Baturiti, Tabanan. Foto: tra
JENAZAH I Wayan Wirasa disemayamkan di rumah duka Banjar Bangah, Baturiti, Tabanan. Foto: tra

TABANAN – Puncak upacara pengabenan jenazah Kepala SMP PGRI 5 Denpasar, Dr. I Wayan Wirasa, MM., M.Pd., akan dilaksanakan Senin (11/1/2021) di setra Desa Pakraman Bangah, Baturiti, Tabanan. Menurut istri almarhum, Ni Nyoman Sarni, SPd., MM., didampingi anak almarhum, Putu Ariyantini, S.Pd., M.Pd., prosesi upacara pengabenan dimulai sejak pagi.

Sekitar pukul 07.00 diadakan upacara pakeling dan mecaru, dan ngabas setra. Prosesi pengabenan dimulai pukul 09.00 sampai prosesi nuduk galih, ngayut dan nebusin.

Bacaan Lainnya

Keesokan harinya, Selasa (12/1/2021) dilaksanakan upacara ngerorasin dan mecaru. Upacara nyekah dilaksanakan pada Jumat (15/1/2021). Sebelumnya dilaksanakan nunas tirta Tri Kahyangan, ngangget don bingin dan ngajum sekah. Upacara di pusatkan di rumah almarhum di Banjar Bangah, Baturiti, Tabanan.

Para pelayat pun sudah berdatangan ke rumah duka di antaranya mantan Kadisdikpora Kota Denpasar, I Wayan Gunawan; Plt. Kadisdikpora Kota Denpasar, AA Made Wijaya Asmara, beserta jajaran Disdikpora Kota Denpasar; Ketua MKKS SMP Kota Denpasar, I Wayan Murdana, S.Pd., M.Psi.; Ketua PGRI Kota Denpasar, Drs. Ketut Suarya, M.Pd.; YPLP PGRI Kota Denpasar, para kasek yang tergabung dalam MKKS SMP Kota Denpasar dan guru, teman sejawat almarhum di SMPN 2 Denpasar dan SMP PGRI 5 Denpasar.

Baca juga :  Cegah Penyebaran Corona, Desa Peguyangan Kangin Gencarkan Patroli dan Pengawasan Prokes

Sejumlah karangan bunga ucapan berbelasungkawa juga berdatangan. Pelayat juga datang dari teman almarhum di sejumlah kabupaten yang tak menyangka Wayan Wirasa meninggal karena tak pernah mengeluh sakit.

Almarhum meninggalkan seorang istri Ni Nyoman Sarni, SPd., MM., serta tiga anak Putu Ariyantini, S.Pd., M.Pd., I Made Putra Wirawan, S.Pd., M.Pd., dan I Nyoman Wirama Putra serta enam cucu, merasa terkejut kehilangan bapak dan kakek yang baik, penuh disiplin dan suka bekerja keras secara mendadak. Anak almarhum, Putu Ariyantini mengucapkan terima kasih kepada rekan dan teman sejawat almarhum atas bantuan dan doanya.

Ia sekaligus mewakili keluarga minta maaf jika selama hidupnya almarhum berbuat kesalahan. Sekalipun almarhum selama menjadi kasek dikenal kalem, namun ia yakin yang nama manusia tak pernah luput dari kesalahan.

Wayan Wirasa meninggal dunia pada Rabu (30/12/2020), sekitar pukul 17.00 di Rumah Sakit Bali Med, karena sakit. Wayan Wirasa adalah kasek yang keempat memimpin SMP PGRI 5 Denpasar. Sebelumnya, almarhum adalah guru olahraga di SMPN 2 Denpasar, juga aktif di Pengprov PASI Bali. Almarhum sukses menjadikan SMP PGRI 5 Denpasar di Jalan Gunung Agung Gang Indus No. 8, Denpasar, mandiri dalam segala hal. tra

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.