Vaksinasi Covid-19, Karangasem Siapkan Rp1,9 Miliar dan 70 Petugas

  • Whatsapp
SEKDA Karangasem, I Ketut Sedana Merta. Foto: nad
SEKDA Karangasem, I Ketut Sedana Merta. Foto: nad

KARANGASEM – Pemkab Karangasem menyiapkan anggaran Rp1,9 miliar untuk pelaksanaan vaksinasi Covid-19. Pembiayaan vaksinasi ini dibiayai pemerintah pusat, sehingga sepenuhnya gratis. Hal tersebut dipaparkan Sekda Karangasem, I Ketut Sedana Merta, Selasa (12/1/2021).

Untuk kegiatan vaksinasi ini, Pemkab melalui Dinas Kesehatan juga melaksanakan simulasi di puskesmas maupun di RSUD Karangasem. “Untuk vaksinasi Covid-19 ini, Pemkab Karangasem menyiapkan sebanyak 70 petugas kesehatan yang dilatih untuk melakukan vaksinasi,” ujarnya.

Bacaan Lainnya

Untuk tahap pertama, jelasnya, tersedia sebanyak 1.100 dosis untuk Karangasem. Vaksinasi akan dilaksanakan di 15 fasilitas pelayanan kesehatan (yankes) yang telah terdaftar. Begitu vaksin tiba, akan disimpan di cool chain atau rantai dingin di gudang farmasi milik Dinas Kesehatan. “Saat didistribusikan ke-15 yankes, vaksin ini juga disimpan di cool chain yang ada di yankes tersebut,” jelasnya.

Dia memastikan vaksinasi di Karangasem akan bisa berjalan sesuai rencana, karena untuk pelaksanaannya telah dijalankan berbagai hal. Mulai dari distribusi dan manajemen vaksin dan logistik, menyiapkan ruang dan tempat pelayanan vaksinasi sesuai standar yang ditetapkan, standardisasi pelayanan, hingga manajemen limbah medis sisa pakai alat vaksinasi.

Untuk sistem distribusi vaksin, ungkapnya, puskesmas akan menyimpan di kulkas vaksin. Sementara logistik lainnya akan disimpan di instalasi farmasi. Untuk fasyankes lainnya berkoordinasi dengan puskesmas untuk distribusi vaksin dan logistik lainnya. Jika fasyankes tidak memiliki kulkas vaksin sesuai standar, maka dapat digunakan lemari es rumah tangga biasa sesuai dengan prosedur operasi standar yang berlaku.

Baca juga :  Denpasar Gelar Domestic Virtual Sales Mission

“Vaksin akan dibawa petugas menggunakan vaccine carrier (pengangkut vaksin). Pemkab Karangasem bersama instansi terkait akan terus memantau dan mengevaluasi pelaksanaan vaksinasi Covid-19 ini, mulai dari sebelum hingga sesudah pelaksanaan vaksinasi,” ucapnya menandaskan. nad

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.