Disdikpora Denpasar Pastikan Ujian Sekolah SD Berintegritas

KABID Pembinaan SD Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kota Denpasar, I Nyoman Suryawan, saat memantau pelaksanaan Ujian Sekolah jenjang SD, Senin (9/5/2022). Foto: tra
KABID Pembinaan SD Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kota Denpasar, I Nyoman Suryawan, saat memantau pelaksanaan Ujian Sekolah jenjang SD, Senin (9/5/2022). Foto: tra

DENPASAR – Ujian Sekolah (US) jenjang pendidikan Sekolah Dasar (SD) di Kota Denpasar digelar serentak mulai, Senin (9/5/2022). Guna memastikan pelaksanaan US berjalan lancar, Kabid Pembinaan SD Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kota Denpasar, I Nyoman Suryawan, melakukan kunjungan di dua sekolah berbeda, yaitu SDN 13 Pemecutan dan SDN 21 Dauh Puri.

Dalam tinjauannya ke lapangan kali ini, Suryawan menilai penerapan protokol kesehatan Covid-19 saat pelaksanaan US sudah patuh dan komitmen. Sebelum mengikuti ujian, siswa diukur suhu tubuhnya dan wajib memakai masker. Tiap ruang ujian dibatasi maksimal 20 siswa.

Bacaan Lainnya

Diungkapkan Suryawan, dari dua kunjungan tersebut tingkat kehadiran siswa mengikuti US 100 persen. Ia juga mengapresiasi pelaksaan US yang berjalan tertib dan disiplin. Tiap ruangan ujian diawasi dua orang guru pengawas.

‘’Pengawas ruangan tidak ada ngobrol, baca koran dan memainkan HP. Sementara siswa mengerjakan US dengan tertib dan bekerja mandiri. Hal ini penting untuk menumbuhkan kejujuran dan integritas siswa,’’ ujarnya.

Ia berharap hingga hari terakhir US dapat berjalan lancar, tidak ada permasalahan. ‘’Kami harapkan pihak sekolahlah yang berada di garda terdepan mengantisipasi potensi permasalahan yang ada,’’ tandasnya.

Selain memantau pelaksanaan ujian, di kesempatan tersebut Suryawan juga mengecek kondisi bangunan sekolah. Ia mengatakan, dari dua sekolah yang dikunjungi ada beberapa gedung sekolah kondisinya kurang representatif.

Baca juga :  Mas Sumatri Sidak Kesiapan Kenormalan Baru Pasar Tradisional

Di SDN 13 Pemecutan, US diikuti 61 siswa terdiri dari 37 siswa perempuan dan 24 siswa laki-laki. Mereka terbagi dalam 4 ruang ujian. ‘’Astungkara, hari pertama ujian berlangsung tertib dan lancar, dan semua anak bisa hadir mengikuti ujian,’’ terang Kepala SDN 13 Pemecutan Dra. Ni Nyoman Dewi Muliati.

Sementara di SDN 21 Dauh Puri, US diikuti 28 siswa terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. ‘’Peserta ujian dibagi dalam 2 ruangan. Dan kehadiran siswa pada hari pertama ujian 100 persen,’’ urai Kepala SDN 21 Dauh Puri, Dra. Ni Gusti Ayu Tuti Suryani, M.Pd.

Sebelumnya diwartakan, US jenjang SD di Kota Denpasar digelar mulai tanggal 9 hingga 13 Mei 2022. US diikuti sekitar 13.751 siswa kelas 6n dari 250 SD/MI baik negeri maupun swasta. US tingkat SD masih dilaksanakan dengan sistem paper based test (kertas dan pensil).

Ada 10 mata pelajaran yang diujikan dalam US yakni, Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, Bahasa Indonesia, Matematika, PPKn, IPA, SBdP, IPS, Bahasa Bali, PJOK, dan Bahasa Inggris. Ada dua mata pelajaran yang diujikan dalam sehari dan tiap mata pelajaran yang diujikan dialokasikan waktu selama 90 menit. tra

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.