UMKM Tabanan Siap Bersaing di Perdagangan Global

  • Whatsapp
PENANDATANGANAN kerja sama antara Pemkab Tabanan dan investor, demi kemajuan UMKM di Kabupaten Tabanan, Rabu (15/12/2021). Foto: ist

TABANAN – Bupati Tabanan, I Komang Gede Sanjaya, menerima kunjungan Tim Access to Market National Support for Local Investment Climate (NSLIC)/National Support for Enhancing Local and Regional Economic Development (NSELRED) Project, dalam acara pemaparan aksi investor, di Ruang Rapat Lantai III Kantor Bupati Tabanan, Rabu (15/12/2021).

Acara tersebut juga dihadiri Staf Ahli Menteri Bidang Hubungan Antar-Lembaga Kemendesa, Sekda dan para asisten, kepala OPD terkait, Direkrut Perumda Dharma Santika, dan Ketua BUMDes Sri Sedana, serta Tim NSLIC dan NSELRED, dan para investor.

Bacaan Lainnya

Kegiatan tersebut membahas penandatanganan kerja sama antara Pemkab Tabanan dan Direktur PT Dwitama Global Persada, dan Project Director NSLIC/NSELRED, tentang peningkatan akses pasar internasional untuk pelaku UMKM di Kabupaten Tabanan.

‘’Sebagai daerah agraris, Kabupaten Tabanan banyak menghasilkan produk unggulan, yang tentu memerlukan dukungan untuk mendapatkan akses pasar. Oleh sebab itu, diperlukan langkah-langkah untuk memaksimalkan potensi unggulan tersebut,’’ ungkap Sanjaya.

Dia pun mengapresiasi perhatian pemerintah pusat melalui Kementerian Desa PDTT dan Kementerian PPN/Bappenas atas penyelenggaraan proyek NSLIC/ESELRED, melalui skema responsive innovation fund (RIF) tersebut. Sekaligus berharap dua produk unggulan Kabupaten Tabanan, yakni Beras Organik Pertiwi dan Kopi Robusta Leak, yang telah terpilih sebagai salah satu dari 13 produk unggulan Provinsi Bali.

Baca juga :  Avansa Oleng Tabrak Tiga Warga, Satu Tewas

Langkah yang perlu diperhatikan, katanya, tentu terhadap produksi, distribusi, dan pemasaran. Begitu juga dukungan dari semua pihak, dalam upaya menciptakan iklim yang kondusif, baik dari segi infrastruktur, pemasaran, persaingan usaha, jaminan kualitas produk, serta kesinambungan produksi.

‘’Pemkab Tabanan mendukung terhadap bangkitnya UMKM dalam merevitalisasi diri mengikuti perkembangan teknologi. Sebab, semangat produksi UMKM akan menggeliat apabila melihat kesempatan pasar yang terbuka dan pasti bagi produk mereka,’’ ujar Sanjaya, seraya berharap kerja sama ini dapat terus berlanjut.

Dia berharap UMKM dapat maju, sehingga memiliki daya saing di perdagangan global. Hal itu sesuai visi Tabanan, ‘Nangun Sat Kerthi Loka Bali, Melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana, Menuju Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul, dan Madani.

‘’Semoga MoU yang telah dan akan ditandatangani bersama, dapat segera ditindaklanjuti dalam bentuk perjanjian kerja sama, sehingga manfaat dari kesepakatan ini dapat segera dirasakan oleh masyarakat, khususnya UMKM di kabupaten Tabanan,’’ harapnya. gap

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.