Tren Elektabilitas PDIP Menurun, Demokrat Salip Golkar

  • Whatsapp
SURVEI Populi Center mengungkap tren penurunan serta kenaikan elektabilitas partai politik. Demokrat naik, sementara PDIP menurun. Foto: ist

JAKARTA – Survei Populi Center mengungkap penurunan tingkat elektabilitas partai pemenang Pemilu 2014 dan 2019, PDIP. Pada saat yang sama, enam partai mendapat tambahan elektabilitas, termasuk Partai Gerindra dan Partai Demokrat. Dalam sebulan, PDIP mengalami penurunan elektabilitas hampir 2 persen, dari 22,3 persen pada November menjadi 20,5 persen saat ini.

Data menunjukkan terdapat enam partai yang mendapat persentase di atas 4 persen. Yang pertama ada PDIP dengan 20,5 persen, Gerindra (13,1), Demokrat (9,6), Golkar (8,3), PKB (8,2) persen, dan PKS (7). Hal itu diuraikan peneliti Populi Center, Nurul Fatin, dalam jumpa pers daring, Senin (20/12/2021) seperti dikutip posmerdeka.com dari cnnindonesia.com.

Bacaan Lainnya

Gerindra yang dikendalikan Prabowo Subianto, sebutnya, mendapat tambahan elektabilitas sebanyak 1,3 persen dalam sebulan terakhir. Kemudian Demokrat naik 2,1 persen, dan ini menempatkan partai berlogo mercy itu menyalip Golkar yang sebelumnya duduk di posisi ketiga. Elektabilitas Partai Golkar naik 0,6 persen sejak November, PKB mendapat kenaikan 0,8 persen, sedangkan PKS naik 0,2 persen.

Hasil survei Populi Center juga memprediksi dua partai medioker saat ini, yaitu PAN dan Nasdem, tidak lolos ambang batas parlemen. Sebab, survei Nasdem hanya mendapat elektabilitas 3,9 persen, dan PAN hanya di angka 1,7 persen. “Ada beberapa partai yang memperoleh persentase di bawah 4 persen, yaitu Nasdem, PBB, Hanura, Garuda. Di samping partai tersebut, ada partai yang enggak dapat persentase suara, yakni Partai Ummat, PKPI, dan Berkarya,” urainya.

Baca juga :  Bangun Rumah Sakit, Pemkab Bangli Berencana Pinjam Dana

Populi Center melakukan survei ini pada 1-9 Desember 2021 dengan melibatkan 1.200 responden. Sampel diambil dengan metode acak sederhana. Survei ini mengandung ambang batas kesalahan kurang lebih 2,83 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Dalam hasil survei yang sama, Ganjar Pranowo menjadi sosok calon presiden yang paling banyak mendapat dukungan publik. Survei ini menanyakan dukungan responden terhadap lima sosok, yaitu Ganjar, Puan, Prabowo Subianto, Anies Baswedan, dan Erick Thohir. Setiap responden boleh mendukung lebih dari satu nama.

Tingkat keterpilihan Ganjar sebesar 58,3 persen, disusul Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, yang didukung 47,3 persen responden. Kemudian ada Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto, dengan dukungan mencapai 46,6 persen.

Selanjutnya Menteri BUMN Erick Thohir duduk di tempat keempat dengan 27,5 persen. Sementara Ketua DPR sekaligus Ketua DPP PDIP, Puan Maharani, masih menempati posisi juru kunci dengan elektabilitas 17,5 persen. dbs

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.