Tim Gabungan Disiplinkan Masyarakat Terapkan Prokes, Ini Sasarannya

  • Whatsapp
SALAH satu penindakan dan sanksi terhadap pelanggar prokes, dalam operasi gabungan yang dilaksanakan di seputaran Tabanan, Rabu (18/11/2020). Foto: ist
SALAH satu penindakan dan sanksi terhadap pelanggar prokes, dalam operasi gabungan yang dilaksanakan di seputaran Tabanan, Rabu (18/11/2020). Foto: ist

TABANAN – Jajaran Kodim 1619/Tabanan, Polres Tabanan, Satpol PP Tabanan, dan Dinas Perhubungan Tabanan, bergabung dalam operasi yustisi pada Rabu (18/11/2020). Operasi ini dimaksudkan agar masyarakat taat menerapkan protokol kesehatan (prokes) sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19 dalam tatanan kehidupan baru.

Dandim 1619/Tabanan, Letkol Inf. Toni Sri Hartanto, menjelaskan, sebagai dasar pelaksanaan kegiatan tersebut, sesuai dengan Peraturan Gubernur (Pergub) Bali No. 46 Tahun 2020 dan Peraturan Bupati (Perbup) Tabanan No. 44 Tahun 2020. Untuk itu, tim gabungan melaksanakan pendisiplinan masyarakat.

Bacaan Lainnya

“Kegiatan gabungan tersebut dilaksanakan secara rutin setiap hari, dengan melaksanakan apel gabungan, dan dilanjutkan dengan patroli bersama ke tempat-tempat atau sasaran kerumunan di sekitar wilayah Kabupaten Tabanan,” ujar Toni.

Sasaran tim, di antaranya objek wisata, pasar-pasar, terminal, pertokoan, tempat ibadah maupun tempat atau fasilitas umum lainnya. Tim juga menyampaikan imbauan dan penegakan hukum, seperti memberikan sanksi berupa teguran, hukuman fisik, denda, maupun sanksi administrasi.

“Kegiatan serupa akan terus dilakukan secara berlanjut dan berkesinambungan, bersama Polri dan pemerintah daerah, juga dengan melibatkan komponen masyarakat adat, hingga  nantinya dinilai cukup oleh pemerintah, apabila pandemi Covid-19 ini sudah berlalu,” ucapnya.

Baca juga :  Nasdem Badung Ajak Masyarakat Jaga Kamtibmas Jelang Pilkada 2020

Dari personel TNI di Kabupaten Tabanan, selain dari Kodim 1619/Tabanan, juga melibatkan satuan TNI lainnya yang bermarkas di Tabanan. Di antaranya Rindam IX/Udayana dan Gudmurah (Gudang Amunisi Daerah) Paldam IX/Udayana yang berkedudukan di Belayu, Kecamatan Marga.

“Semua kami lakukan secara maksimal untuk mengurangi penyebaran Covid-19 di Tabanan. Selain kegiatan gabungan, kami juga mengerahkan personel TNI di wilayah kecamatan hingga di desa-desa bersama dengan perangkat yang ada, guna melakukan pendisiplinan masyarakat di wilayah,” ujar Toni.

Dia pun berharap peran serta masyarakat untuk mendukung setiap kebijakan pemerintah, ketika masa adaptasi kebiasaan baru ini untuk disiplin menerapkan prokes, dengan wajib memakai masker, rajin mencuci tangan, tetap menjaga jarak, dan menjauhi kerumunan.

“Itu semua dimaksudkan agar kita terhindar dari Covid-19. Kita berharap pandemi Covid-19 ini segera dapat diatasi, dan pariwisata Bali cepat pulih, sehingga perekonomian masyarakat dapat berangsur-angsur membaik,” pungkasnya. gap

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.