Tekankan Prokes di TPS, Sekda Gianyar Jamin Pilkel Serentak Siap Dilangsungkan

  • Whatsapp
SEKDA Gianyar, I Made Gede Wisnu Wijaya, meninjau persiapan Pilkel Serentak, Jumat (14/1/2022). Foto: adi
SEKDA Gianyar, I Made Gede Wisnu Wijaya, meninjau persiapan Pilkel Serentak, Jumat (14/1/2022). Foto: adi

GIANYAR – Memastikan kesiapan panitia Pemilihan Perbekel (Pilkel) Serentak 2022, Sekda Gianyar, I Made Gede Wisnu Wijaya, meninjau persiapan TPS di sejumlah desa, Jumat (14/1/2022). Wijaya meninjau TPS di Desa Buruan, berlanjut ke Desa Pejeng Kelod, Desa Tegaltugu, dan terakhir di Desa Lebih. 

Dari peninjauan empat lokasi tersebut, Wijaya yang juga sebagai Ketua Pilkel Serentak di Gianyar menilai persiapan Pilkel sangat bagus. “Melihat dari kesiapan Pemilihan Perbekel niki (ini), astungkara persiapannya sudah hampir 100 persen. Tinggal menunggu hari H saja. Begitu juga dengan desa-desa lain, Dinas PMD sudah meninjau berkeliling, semua desa sudah siap,” ucapnya menjamin.

Bacaan Lainnya

Dia minta situasi kondusif saat ini tetap dijaga semua pihak, baik para calon dan pendukungnya, juga masyarakat. Warga yang memiliki hak suara agar menggunakan haknya dengan baik dan tertib. “Gunakan momentum pemilihan ini untuk melahirkan perbekel yang bagus, yang mempunyai etos kerja,” sarannya.

Bagi calon yang tidak terpilih menjadi perbekel, Wijaya berharap mereka dapat menerima dengan lapang dada sesuai deklarasi damai yang disepakati. Kata dia, membangun desa tidak harus menjadi perbekel, tidak harus berada di dalam sistem pemerintahan-red. Dari luar juga bisa dengan aktif memberi masukan, memantau pelaksanaan program, dan sebagainya. 

Baca juga :  Kelulusan Pakai Nilai Rapor, Mendikbud Keluarkan Surat Edaran

Saat peninjauan, Wijaya tidak hanya memastikan kesiapan logistik seperti surat suara, kotak suara, bilik suara, dan yang lainnya, dia juga memastikan kesiapan penerapan protokol kesehatan (prokes) pada saat pemungutan suara nanti. “Sudah lengkap semua ya, tempat cuci tangan, hand sanitizer juga ada, stok masker, semua lengkap. Termasuk pengaturan alur keluar-masuk TPS agar tidak ada penumpukan atau antrean yang padat, semua sudah bagus,” tegasnya.

Kepada panitia Pilkel di desa, dia menekankan agar berkoordinasi dengan para saksi. Dia pun berharap para saksi bekerja dengan baik, dengan melaporkan sesuai dengan apa yang dilihat.

Pilkel Serentak di Kabupaten Gianyar dilaksanakan pada Minggu (16/1/2022) di 13 desa dengan diikuti 36 peserta atau calon perbekel. Jumlah daftar pemilih tetap 44.876, dengan jumlah TPS sebanyak 99 TPS. adi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.