Suwirta Tegaskan Pemkab Klungkung Sediakan Ambulans Laut Layani Pasien di Nusa Penida

  • Whatsapp
AMBULANS laut milik RS Graha Medika sedang bersandar di Nusa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida. Foto: ist
AMBULANS laut milik RS Graha Medika sedang bersandar di Nusa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida. Foto: ist

KLUNGKUNG – Polemik terjadi terkait pelayanan kesehatan di Nusa Penida gegara Ketut Budriani, pasien RS Gema Santi asal Banjar Salang, Desa Batukandik, Nusa Penida. Pasien ini harus ditandu menyeberang dengan kapal boat penumpang dari Nusa Penida untuk dirujuk ke rumah sakit di Klungkung daratan, bukan boat ambulans laut yang disediakan pemerintah. Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta, akhirnya angkat bicara terkait persoalan ini.

Di sela-sela kegiatannya ke Nusa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida, Minggu (9/1/2022), Suwirta berkata menugaskan Dirut RS Gema Santi Nusa Penida bersama petugas boat ambulans laut untuk lebih gencar sosialisasi keberadaan ambulans laut milik RS Graha Medika. Sebab, fasilitas itu merupakan kerjasama dengan Pemkab Klungkung, yang khusus untuk menangani rujukan pasien dari Jungutbatu, Lembongan ke RS Gema Santi Nusa Penida; atau dari Nusa Penida ke Klungkung daratan.

Bacaan Lainnya

“Agar nanti masyarakat dalam kondisi apapun, ketika harus dirujuk ke RSUD Klungkung, tidak lagi menggunakan boat publik,” tegasnya.

Lebih jauh disampaikan, boat ambulans laut ini baru beroperasi satu tahun, dan berharap boat ini terus bisa berfungsi secara maksimal. Suwirta juga menjelaskan boat milik RS Graha Medika itu dilengkapi monitor, alat deteksi jantung, alat oksigen dan sudah ada perawatnya juga.

Baca juga :  Wujudkan Balai PPPM, Klungkung Siapkan Rp3,37 Miliar

Untuk terus meningkatkan pelayanan kesehatan, terangnya, sekarang Pemkab Klungkung terus berbenah, antara lain, dengan menambah Sumber Daya Manusia (SDM) serta bangunannya. Jadi, masyarakat khususnya di Nusa Penida yang ingin merujuk pasien ke RSUD Klungkung, bisa berkoordinasi yang baik dengan RS Gema Santi Nusa Penida maupun puskesmas yang ada di Nuda Penida.

“Nanti bisa menggunakan boat ambulans laut ini,” ucapnya sembari menambahkan boat ambulans laut itu ada kerjasama dengan BPJS Kesehatan. baw

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.